SAMALANTAN_Jum’at (25/5) Safari Ramadhan terus berlanjut. Safari Ramadhan Pemda Bengkayang beserta rombongan kali ini berlokasi di Masjid Nurul Huda, Dusun Sindu, Desa Mendung Terusan, Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang. Masyarakat Kec. Samalantan khususnya wilayah Mendung terusan telah bersiap semenjak ba’da sholat ashar. Masyarakat telah bersiap menyambut kedatangan tamu, namun sangat disayangkan cuaca yang kurang bersahabat, hingga acara yang tadinya akan diselenggarakan di halaman masjid dipindahkan kedalam Masjid.

Safari Ramadhan Pemda Bengkayang kali ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan-bantuan. Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang yang kali ini berhalangan hadir diwakilkan oleh Kasubbag TU H. Damsir, S.Ag juga turut mendampingi Rombongan Pemda Bengkayang yang dipimpin oleh Pj. Sekda Bengkayang Obaja, M.Si

Safari Ramadhan ini dihadiri juga oleh Jajaran SKPD yang mendampingi Pj. Sekda Bengkayang, Camat Samalantan beserta jajaran, para Kepala Desa, Tokoh-tokoh Agama, Tokoh-tokoh Masyarakat setempat dan undangan lainnya serta kaum muslimin dan muslimat yang berada di Kecamatan Samalantan.

Selanjutnya adalah sambutan dari dari Pj. Sekda Bengkayang, Obaja, M.Si yang mana Obaja mendahuluinya dengan mengucapkan selamat berpuasa kepada umat Muslim yang menjalaninya, khususnya yang berada di Kecamatan Samalantan dan sekitarnya. Obaja mengharapkan agar pada bulan ramadhan kali ini agar masyarakat di Bengkayang dapat menjalaninya dengan kekhusyuan dan memperbanyak berbuat amal kebaikan,

Dilanjutkan laporan dari pengurus masjid Nurul Huda. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Imam  Masjid Nurul Huda Sindu. Banantuan diserahkan langsung oleh Kasubbag TU Kemenag Bengkayang H. Damsir, S.Ag dan disaksikan oleh masyarakat yang hadir.

Safari Ramadhan 1439 H ini dilanjutkan dengan  ceramah keagamaan yang disampaikan oleh ustadz setempat. Beliau menyampaikan beberapa keutamaan berpuasa dibulan Ramadhan, beserta dalil-dalil yang memperkuatnya. Selain itu ustadz ini juga menyampaikan amalan-amalan yang dianjurkan dibulan ramadhan.

Setelah ceramah agama dilanjutkan himbauan dari polsek Samalantan agar masyarakat samalantan selalu menjaga keharmonisan dan kerukunan yang telah ada selama ini, jangan mudah terprovokasi oleh berita hoax.

H. Damsir, S.Ag yang mewakili Kemenag Bengkayang juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat di kec. Samalantan agar dengan bijak menggunakan dan menanggapi berita-berita media sosial, karena tidak semua berita yang beredar di media sosial itu benar. Beliau juga menambahkan agar umat islam di samalantan agar memanfaatkan momen di bulan puasa ini agar memaksimalkan ibadah, baik itu ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Safari Ramadhan 1439 H/2018 M Pj. Sekda Bengkayang kali ini juga merupakan sarana silaturahmi dan bertatap muka Pj. Sekda Bengkayang kepada masyarakat Samalantan dan sekitarnya. Kegiatan silaturahmi ramadhan ini diakhiri dengan doa bersama dilanjutkan dengan buka puasa bersama. (Akhzari)

Berita: