SINGKAWANG_Rabu (20/12) Aula KPPN menjadi tempat diselenggarakannya penyerahan DIPA TA 2018 dan penandatanganan pakta integritas. Sebanyak 93 satker di area Singkawang, Bengkayang, dan Sambas atau biasa familiar disebut Singbebas yang menjadi mitra KPPN mendapatkan kutipan DIPA TA 2018 melalui KPA masing-masing Instansi atau yang mewakili, adapun penandatanganan pakta integritas ditandatangani langsung oleh KPA yang namanya tertera di dalam pakta integritas.

Acara penyerahan DIPA TA 2018 ini dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa . Sebelum penyerahan DIPA ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh KPPN Singkawang, KPKNL Singkawang, KPP Pratama Singkawang dan Kepala kantor Ditjen Perbendaharaan Wilayah Kalimantan Barat.

Penyampaian materi diawali dari pihak KPPN, dalam kesempatan ini KPPN mensosialisasikan layanan Helpdesk dalam rangka memudahkan mitra kerja KPPN yang dinamakan HAI DJPBN (Help, Answer, and Improve), terkait pelayanan konsultasi. Ditjen Perbendaharaan memberikan sarana kemudahan melalui aplikasi OM SPAN menggunakan user mitra kerja KPPN masing-masing. HAI DJPBN ini juga telah terintegrasi dengan DJPBN. Dilanjutkan dengan KPP pratama Singkawang yang selalu mengingatkan tentang kewajiban pajak yang harus dipenuhi demi tertib administrasi. Pemateri dari KPP pratama menegaskan agar wajib pajak tidak hanya membayar pajak, namun juga membuat laporannya. Berikutnya adalah pemateri dari KPKNL Singkawang yang menjelaskan materi tentang pentingnya mengelola BMN, dan membuat laporannya dengan baik sesuai aturan yang berlaku, disamping itu KPKNL juga menyampaikan tentang Revaluasi Aset BMN.

Pemateri berikutnya adalah Kepala kantor Ditjen Perbendaharaan Wilayah Kalimantan Barat. Beliau menyampaikan peraturan Menteri Keuangan RI,  Nomor 145/Pmk.05/2017 tentang tatacara pembayaran beban atas APBN sebelum barang/jasa diterima. Dilanjutkan dengan acara ini yaitu penyerahan DIPA TA 2018 yang diserahkan oleh Kepala kantor Ditjen Perbendaharaan Wilayah Kalimantan Barat kepada KPA atau yang mewakili dari masing-masing instansi.

Adapun dari Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang yang juga menjadi mitra kerja KPPN Singkawang, menerima kutipan DIPA TA 2018 yang diserahkan oleh  Kepala kantor Ditjen Perbendaharaan Wilayah Kalimantan Barat dan diterima oleh Kasubbag TU Kankemenag Bengkayang H. Damsir, S.Ag. Berikutnya adalah penandatangan pakta integritas yang ditandatangani KPA masing-masing Instansi. Setelah penandatanganan pakta integritas, dilanjutkan dengan ramah tamah. (Akhzari)

Berita: