Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara di Tahun 2018 membuat program pembinaan rohani yakni Kultum Ba'da Zhuhur setiap hari Kamis bertempat di Surau Nurul Jannah Dekat Kantor Kemenag.

Pada hari kamis ini tanggal 08 Februari 2018 yang bertindak sebagai Imam dan Penceramah adalah Ustadz Sudirmansyah, S.HI yang merupakan Penyuluh Agama Islam di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara. Jamaah yang hadir kurang lebih 30-an, yakni dari ASN Kemenag, dan ASN Pemda Kayong Utara yang sholat di Surau Nurul Jannah.

Di dalam kultumnya beliau menyampaikan, bahwa terkadang kita merasakan bahwa sholat yang kita laksanakan hanya seremonial saja tanpa memberikan efek atau pengaruh terhadap kehidupan sehari - hari, oleh karenanya beliau mengajak para jamaah untuk senantiasa membersihkan diri dan jiwa agar, ibadah yang dilakukan benar-benar memberikan efek positif terhadap perilaku dan perbuatan. Allah SWT berfirman : Sungguh beruntung orang yang menyucikannya / jiwa itu ( As-syam : 09).

Apa yang mesti kita bersihkan, pertama mulai dari harta yang didapat, gaji bulanan, Tunjangan kinerja tahun 2014,2015, 2016, 2017, SPPD, dan penghasilan lainnya sudahkan kita bersihkan dengan mengeluarkan zakatnya. Kedua kita harus pastikan bahwa harta yang kita dapatkan harus dengan jalan yang halal, bebas dari yang subhat, haram, dan bebas dari riba. Ketiga mari kita bersihkan anggota tubuh dari kemaksiatan-kemaksiatan yang dilakukan, keempat mari kita bersihkan hati kita dari penyakit hati seperti, sombong, hasad, angkuh, riya' dan penyakit hati lainnya. Semoga dengan kita berusaha membersihkan jiwa dan diri kita, maka siap-siap kita akan memperoleh keberuntungan, kemenangan, kesuksesan, dan yakinlah sholat bahkan ibadah yang lainnya yang kita kerjakan benar-benar akan kita rasakan efek positifnya, akan memberikan ketenangan bagi diri dan jiwa kita, Wallahu 'alam ( Sudirmansyah )

Berita: