Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan STQ XXIV Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017, maka Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kayong Utara beserta jajarannya berperan aktif dalam persiapan dan pelaksanaan Even tahunan tersebut.

Berbagai aktifitas seperti koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan LPTQ Provinsi telah dilakukan, tidak hanya itu, instruksi kepada seluruh Satuan Kerja di Kemenag Kayong Utara juga telah dilakukan, sehingga secara umum kegiatan STQ XXIV siap digelar

Dalam kepanitian STQ Kakankemenag Kabupaten Kayong Utara hanya sebagai penasehat, akan tetapi secara fungsional seluruh ASN Kemenag di Sukadana terlibat sebagai panitia, terutama dibidang teknis kesekretariatan dan beberapa cabang perlombaan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kakankemenag Kayong Utara H. Sy. Machmud saat diwawancarai oleh Tim Inmas Kanwil Kemenag Kalbar diruang kerjanya, Senin (8/5)

“Memang Kepala Kantor Kemenag sebagai penasehat tetapi Para Kasi dan Staf terlibat langsung, akibatnya mau tidak mau kita harus terlibat langsung dalam kegiatan ini, apalagi kegiatan STQ ini adalah kegiatan keagamaan, disitulah peran Kemenag untuk menyukseskan dan bertanggungjawab langsung atas penyelenggaraan kegiatan STQ ini,” jelas Syarif Mahmud.

Lanjutnya Kemenag juga ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pameran, dengan membuka stan sendiri, memang secara struktural Kemenag seolah tidak terlibat langsung tetapi secara fungsional, masing-masing pegawai tidak bisa lepas dari kepanitiaan, seperti Bidang Tilawah, Kesekretariatan dan Bidang Tahfidz Qur’an.

Kepala Seksi Bimas Islam, H.M.Safar dari Kemenag ditunjuk sebagai wakil Ketua Kafilah, sedangkan ketua Kafilahnya adalah dari Pemerintah Daerah. Syarif Macmud berharap, selaku tuan rumah adalah sukses dalam pelaksanaan sebagai Panitia, Sukses sebagai juara,  itulah target dari Pemda maupun Kementerian Agama.

Terkait layanan Tamu dari masing-masing Kafilah Kabupaten Kota sepakat ditempatkan di rumah Penduduk Setempat, dan  untuk Kepala Kan Kemenag Kabupaten Kota di Hotel Mahkota Kayong. Sedangkan untuk  Dewan Hakim dan Pejabat Pemerintah Daerah dipusatkan di Hotel Mahkota Sukadana.

Syarif Macmud menambahkan bahwa untuk Pemasangan Baliho dan Spanduk, secara umum menjadi wewenag Panitia dan Pemerintah Daerah, tetapi secara khusus Kakankemenag Kayong menginstruksikan kepada seluruh Satker, baik itu Kepala Madrasah, Kepala KUA agar memasang baliho dan Umbul-umbul untuk mensukseskan acara STQ XXIV tingkat Provinsi Tahun 2017 di Kayong Utara.

“Dari Pemda menginstruksikan kepada seluruh SKPD untuk memasang Spanduk, Baliho dan Asesoris lainnya oleh Karena itu Kami juga dari Kementerian Agama memerintahkan kepada seluruh Satuan Kerja seperti Madrasah dan KUA memasang Baliho dan Spanduk yang sama,” ujarnya. (Ir-Inmas)