Satu lagi prestasi yang diraih oleh Peserta didik MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat yaitu mengikuti lomba Pekan Bahasa dan Sastra yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 22 s.d 24 April 2018 di rumah radakng pontianak ( 24/04)

Adapun cabang lomba yang yang diikuti oleh MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat  adalah Festival berpantun dan berpuisi. Dalam kegiatan tersebut Di ikuti berbagai sekolah yang ada di Kalimantan Barat.

Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang diikuti oleh MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat, namun membuahkan hasil yang cukup membanggakan. "Walaupun hanya di posisi juara 3 dan harapan 3, ini tidak membuat kami patah semangat, kami akan selalu melatih diri untuk bisa meraih prestasi yang sempurna,” ujar Arif Husnaini.

“Alhamdulillah keputusan juri menempatkan MAN Insan Cendekia Di posisi Juara 3 dan harapan 3 pada cabang lomba festival berpantun. Selamat kami ucapkan kepada peserta didik yang telah mengharumkan nama MAN Insan Cendekia SAmbas Kalimantan Barat . Terima Kasih kami ucapkan kepada peserta didik dan guru pembing dan juga tak lupa kami sampikan juga terima kasih kepada Seluruh civitas akademika orang tua  yang telah mendoakan ini semua,“ kata Mursidin.

Kami sangat berharap kegiatan ini terus berlangsung nantinya, semoga Balai Bahasa Kalimantan Barat terus Melakukan penyelenggaraan kegiatan semacam ini untuk menumbuhkembangkan cinta budaya dan cinta membaca. (ded/hmsic)