Sambas – MAN Insan Cendekia Sambas, Salah satu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan rasa ingin menulis adalah melalui kegiatan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Karya Tulis Ilmiah siswa MAN Insan Cendekia adalah Karya Tulis Ilmiah yang secara substantif terkait dengan Salah satu Syarat Wajib untuk menyelesaikan Studi di MAN Insan Cendkia Sambas,Pembuatan Karya Tulis Ilmiahmerupakan salah satu dari sub unsur pengembangan Potensi Siswa.Sehubungan dengan hal tersebut maka MAN Insan Cendekia Sambas memfasilitasi dengan mengadakan Seminar Proposal Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan tanggal 5 Januari 2018 di Gedung MAN Insan Cendekia Sambas (5/01)

Kegiatan seminar kali ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan di Tahun 2018. Pelaksanaan seminar dihadiri oleh seluru Dewan Guru, Pembimbing dan Penguji Karya Tulis Ilmiah. Sebelum Sidang di mulai diadakan kegiatan Pembukaan yang secara langsung di buka secara resmi  oleh Kepala MAN Insan Cendekia Sambas, dalam Sabutannya Mursidin, M.Ag menghimbau agar setiap siswa dapat mempertanggungjawabkan judul Karya Tulis Ilmiyah yang telah diambil sebagai bahan penelitian.

Diharapkan KTI yang dijadikan penelitian dapat memberikan dampak yang positif ke dalam dunia pendidikan sebagai tempat penelitian, Tukasnya”. Setelah acara pembukaan, seluruh peserta seminar proposal mulai dari guru pembimbing dan siswa segera mempersiapkan diri untuk memulai seminar. Beberapaguru yang bertugas sebagai pembimbing adalah Sutardi, M.Sc, Asrip Widodo, M.Pd.I Nuraini, M.Pd.I, Syamsuri, S.Ag, Dedi, S.S.Pd, Ilham Tahir, M.S.I, dan Guru guru lain sesuai latar belakang keilmuannya.

Pelaksanaan seminar perdana ini  anaknda Risky Rinaldi sebagai Penyaji Pertama dengan Guru Pembimbing Ramuna Astuti, S.Pd, dengan Judul analisis kandungan asam askrobat dalam minuman kemasan engan metode titrasi iodimetri. Dengan penguji Bapak Asrip Widodo, M.Pd.I dan Bapak Dedi, S.Pd dengan moderator guru Pembimbingnya. Pertanyaan dan saran serta masukan dari peserta yang dikuatkan dengan penjelaan dari narasumber bisa menjadi bahan perbaikan dalam rangka peningkatan mutu penelitian yang disusun Siswa.

Terlaksananya Seminar Proposal Karya Tulis Ilmiah Siswa MAN Insan Cendekia Sambas perdana tahun 2018 ini mudah-mudahan menjadi semangat dan motivasi bagi Siswa ntuk meningkatkan ketrampilan menulisnya. Terkait dengan hal tersebut maka Siswa dituntut untuk senantiasa  memperkaya wawasan dan pengetahuan serta memperdalam penguasaan materi dalam memantapkan spesialisasi sebagai bekal menulis.( ded/hmsic )