MAN IC Sambas adakan kegiatan ESQ dan Outbond sabtu,16 september 2017. Siswa/i MAN Insan Cendekia Sambas melakukan rihlah. Rihlah merupakan rentetan agenda bulanan yang diadakan oleh MAN Insan Cendekia Sambas. Rihlah kali ini berkunjung ke Pantai Lotai yang bertempat di Singkawang, Kalimantan Barat.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari 1 malam. Di awali dengan pelepasan oleh kepala Madrasah Man Insan Cendekia Sambas Muridin,M.Ag di lapangan. Dalam sambutan pelepasan tersebut harapan kepala madrasah agar siswa/i yang mengikuti rihlah ini dapat mempererat tali ukhuwah antara siswa dan guru.

Dalam pelepasan itu juga tampak dewan guru yang hadir untuk mendampingi siswa/i selama kegiatan rihlah berlangsung. Kegiatan ini melibatkan semua siswa/i, pembina asrama dan dewan guru untuk berangkat.

Keberangkatan ke Singkawang menggunakan 5 bis yang mana antara bis laki-laki dan perempuan di pisah. Keberangakatan menuju pantai lotai sekitar kurang lebih pukul 07.00 WIB, dan sampai di Pantai Lotai sekitar pukul 10.40 WIB. Di pantai Lotai diisi oleh pemateri dari muda cendekia trainer. Sambutan hangat dari muda cendekia trainer mengiringi pembukaan acara kunjungan kali ini.

Pembukaan di isi oleh Zikriadi selaku ketua Muda Cendekia Trainer. “Harapan saya dengan adik-adik berkunjung ke sini yang tadinya 80 dengan belajar di sini mendapatkan nilai 90,” ujarnya mengawali sambutan.

Adapun outbond di Pantai Lotai ialah siswa/i di ajarkan memanah, menemukan harta karun, Muhasabah, shalat tahajjud berjama’ah, tahfidz . Adapun pengertian Outbound itu adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan Out Bond adalah sebagai berikut :

1. Team building Team building adalah bentuk dari peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi dan kekompakan tim atau kelompok.

2. Team work Team work adalah suatu bentuk kerjasama tim untuk mencapai tujuan bersama

3. Komunikasi. Komunikasi adalah suatu proses dan tata cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok.

4. Leadhersip Leadership adalah kekuatan proses dalam mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang di inginkan.

5. Konsentrasi Kosentrasi adalah proses peningkatan daya fokus dan daya ingat fikiran seseorang terhadap sesuatu.

6. Kreatifvitas Kretivitas adalah suatu proses peningkatan suatu daya cipta atau ide baru untuk dikembangkan.

7. Strategi Planning Strategi planning adalah suatu perencanaan dari segi manajemen untuk mencapai sasaran atau tujuan.

8. Analisisa Analisis adalah kemampuan untuk menelaah dan menyelidiki sesuatu sehingga mudah dipahami dan dipecahakan.

9. Conviden Covidence adalah peningkatan percaya diri terhadap kemampuan yang di milikinya.

Manfaat outbound sebagai berikut: 1. Menjalin Silahturahmi antar Siswa MAN Insan /cendekia Sambas 2. Melepas penat atau kejenuhan rutinitas di Asrama 3. Mendapatkan ilmu materi yang diisipkan dalam permainan outbound 4. Lebih mengenal lingkungan 5. Membangun percaya diri para Siswa 6. Menganalisa kemampuan seseorang untuk keperluan manajemen

Setelah seharian melaksanakan kegiatan Out Bond tersebut untuk menghilangkan kepenatan dan menjalin silaturrahim diadakan Malam keakraban yang di isi dengan perkenalan dari panitia muda cendekia trainer, dan di lanjutkan makan malam nasi liwet semakin mempererat dan mendekatkan antara siswa dan guru. Terlihat sumringah siswa/i menikmati outbond di Pantai Lotai. (Dedi. S_Humas MAN IC Sambas)