Salah satu agenda lomba yang tak kalah menariknya pada Even (MTQ) XXVII Provinsi Kalimantan Barat tahun 2018 di Mempawah selain perlombaan Pokok seperti cabang Tilawah, Hifdzil dan Tafsir dan Khattil Qur’an adalah pelaksanaan Pawai Ta’aruf dan Pameran Expo di sekitar Area utama Stadiun Opu Daeng Manambon Mempawah.

Kegiatan Stan Pameran dan Expo dalam rangka MTQ XXVII tersebut di buka secara resmi oleh Ketua PKK Kalimantan Barat yang merupakan istri dari Pj. Gubernur Kalbar di Dampingi oleh Istri Bupati Mempawah dan Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, yang ditandai dengan pengguntingan Pita dan pelepasan Balon di Pintu masuk, Minggu, 1 Juni 2018.

Semarak pemresmian Stan Pameran tersebut dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke setiap peserta dari Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat oleh Pj Gubernur Kalbar Drs. Doddy Riyadmadji, MM, Kakanwil Kemenag Kalbar, Drs. H. Ridwansyah,M.Si dan Bupati Mempawah Drs. H Ria Norsan, MM, MH yang masing-masing didampingi oleh Isterinya.

Salah satu yang menjadi perhatian pengunjung pada pameran tersebut ialah saat Bupati Mempawah mempersilahkan Pj Gubernur Kalbar untuk memilih salah satu batu cincin kecubung Asli dari Ketapang yang diikat dengan cincin perak murni seharga Rp 6,500,000 sebagai hadiah pada even MTQ XXVII Tingkat Provinsi di Mempawah. (Ir-Inmas).