Sintang _ Pelaksanaan ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (Aksioma) tahun 2017 tingkat Kabupaten Sintang diadakan pada tanggal 9 Maret 2017. Upacara pembukaan dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sintang yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, Drs. H. Abd. Aziz AL, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha H. Syamsul Bahri, S. IP Kepala Seksi, Penyelenggara dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang, seluruh kepala madrasah se-Kab. Sintang, pengawas Madrasah, dan unsur yang terkait langsung dengan kegiatan ini.

Panitia Pelaksana Kegiatan, Kepala Seksi Madrasah H. Anang Nurkhalis, SE, S. HI, mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan ini kami berjumlah 270 orang, terdiri dari utusan madrasah yang mengikuti kegiatan KSM (Kompetisi Sains Madrasah ) terdiri dari : Bidang Studi Matematika, IPA, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi serta Geografi yang mana setiap bidang studi tersebut di tambah materi Agama Islam.

Sementara untuk Aksioma ( Ajang Kreatifitas Seni dan Olahraga Madrasah) terdiri dari : MTQ, Tahfidz, Pidato Bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Kaligrafi dan Madrasah Singer dan untuk Olahraga adalah tenis meja dan Bulu tangkis.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah :

  1. Kegiatan ini sebagai sarana menunjukan bakat serta kemampuan bagi siswa madrasah, baik itu di bidang ilmu pengetahuan, seni maupun olahraga.
  2. Madrasah adalah sekolah yang memadukan antara materi agama dan umum secara seimbang, oleh karena itu kegiatan ini merupakan bukti adanya kepedulian pemerintah dalam hal ini kementerian agama untuk membina siswa, bukan hanya dari sisi agama islam saja akan tetapi pada sisi seni dan olah raga.
  3. Prestasi adalah utama akan tetapi yang lebih utama adalah bagaimana siswa madrasah mampu menjadi siswa yang mempunyai iman, ilmu dan amal secara seimbang.

Adapun tema Kegiatan kali ini adalah "Menciptakan Siswa Madrasah yang Energik dan Berprestasi serta menjadikan Pribadi yang sehat, unggul dan berdaya saing global".

Dan Anang pun menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak khususnya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang, civitas MAN Sintang serta Bapak, Ibu para undangan dan pendamping, serta seluruh siswa siswi madrasah yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini., semoga kegiatan yang ini mendapat hikmah demi kemajuan madrasah yang kita cintai.

Kegiatan KSM dan AKSIOMA Tiahun 2017 Tingkat Kabupaten Sintang dibulka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, Drs. H. Abd. Aziz AL

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan KSM dan Aksioma merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan oleh pihak Kemenag dan pelaksanaannya diikuti oleh seluruh Madrasah, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah baik negeri dan swasta."Kementerian Agama selalu ingin meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi kepada siswa dan tentunya juga untuk peningkatan iman dan taqwanya, " ujarnya.

Pihaknya berharap siswa Madrasah yang mengikuti kegiatanni untuk selalu menjunjung tinggi Sportifitas bisa mewakili Kalimantan Barat ke tingkat nasional. "Siswa yang menjadi juara di tingkat kab. Sintang akan mewakili pada kejuaraan tingkat provinsi dan selanjutnya menjadi wakil pada tingkat nasional Agustus 2017 di Provinsi Yogjakarta nanti," ungkapnya. (Akil_Stg)