Walaupun bulan Rajab sudah berlalu, Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pontianak tetap memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1439 Hijriyah. Kegiatan berlangsung di Aula Rohana Muthalib Bappeda Kota Pontianak, Jumat (4/5/2018). Menghadirkan penceramah H. Aswadi, SHI yang juga adalah Penghulu Fungsional KUA Kecamatan Pontianak Kota.

Dalam tausiyahnya H Aswadi mengatakan, peristiwa Isra’ Mi’raj yang terjadi pada tanggal 27 Rajab merupakan suatu peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam. Karena pada peristiwa tersebut Baginda Rasulullah SAW menerima perintah Solat lima waktu yang diwajibkan bagi seluruh umat Islam di dunia.

Selanjutnya H. Aswadi juga menekankan tentang pentingnya solat lima waktu. Beliau mengatakan bahwa solat merupakan rukun Islam kedua. Solat itu tiang agama. Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat kelak adalah solatnya.

“Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan dimintai pertanggung jawaban) dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah solatnya. Bila solatnya baik maka beruntunglah ia, dan bilamana solatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya,” tegas H. Aswadi dengan membacakan dalilnya secara lengkap.

Dikatakan Aswadi, perintah untuk menjalankan solat disebutkan berkali-kali di dalam AlQuran. Diantaranya adalah di dalam surah Al-Isra’ ayat 78. Yang artinya: Dirikanlah solat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula solat) subuh. Sesungguhnya solat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

“Solat juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan keji dan munkar. Oleh karena itu, perbaiki solat. Bukan sekedar melepaskan kewajiban semata, namun menjadikannya pencegah dari perbuatan keji dan munkar,” nasehatnya kepada hadirin yang seluruhnya adalah Ibu-ibu Pengurus dan anggota DWP unsur pelaksana se Kota Pontianak.

Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari, Aswadi juga mengimbau kepada seluruh anggota DWP unsur pelaksana se Kota Pontianak khususnya yang muslim, untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bergembira menyambut kedatangan bulan yang mulia tersebut. “Bersihkan hati kita dengan banyak bertadarus di bulan Ramadhan,” nasehat Aswadi.

Turut hadir dalam acara tersebut Pengurus DWP Kemenag Kota Pontianak. Yakni Wakil Ketua I (Ny Zainab Juniwati Sunardi), Sekretaris DW (Ny Sumiati), Bendahara (Ny. Muslimah), Ketua Bidang Sosial Budaya (Ny Erna Usman), dan Ketua Bidang Ekonomi (Ny Mardiah Akmal).*(sumi/ptk)

Berita: