Sambas_ MAN Insan Cendekia SAmbas secara konsisten terus melakukan pembinaan bahasa asing kepada Siswa/Siswi. Penguasaan bahasa asing menjadi sasaran utama dalam meningkatan soft skill siswa yang berdaya saing di era globalisasi. Salah satu program peningkatan kualitas bahasa asing adalah melalui kegiatan English Day yang dipusatkan di Sinka Education and Training Centre ( SETC ) Singkawang bersama Dr. Aria Djalil, Ma, PhD. Tahun ini, MAN Insan Cendekia Sambas mengadakan Pengembangan Bahasa  menggelar kegiatan Engish Day selama dua hari, 16 – 17 September 2017 yang diikuti sekitar 158 orang siswa dan didampingi oleh semua guru.

Kepala MAN Insan Cendekia Sambas, Mursidin, M.Ag mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas pertimbangan bahwa Bahasa Inggris adalah untuk melatih siswa dalam berinterkasi dan berkomunikasi langsung kepada orang orang yang bisa dikatakan mahir berbahasa inggris, kegiatan ini dilaksanakan merupakan sebuah tuntutan yang sangat dibutuhkan oleh kalangan Siswa. Baik dalam rangka mengembangkan keilmuan dan bersaing untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Oleh karena itu, lanjut dia, melalui kegiatan English Day ini Siswa MAN Insan Cendekia Sambas diharapkan dapat mengembangkan penguasaan bahasa Inggris  dan mampu secara langsung berkomunikasi dalam mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan, memperoleh kesempatan kerja di luar negeri dan berbagai kepentingan lainnyaSelain Kegiatan English Day bagi siswa, MAN Insan Cendekia juga melaksanaan pembinaan bahasa inggris baik bagi guru maupun karyawan. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan yang berstandar nasional.

Pimpinan SETC, Dr. Aria Djlil, MA.PhD, juga mengatakan dalam sabutannya” Kami sangat berterima kasih kepada Pihak MAN Insan Cendekia Sambas yang telah memilih dan berkerjasama dengan Sinka Education and Training Centre dalam kegiatan penguatan Bahasa Inggris, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk menumbuh kembangkan minat siswa dan ketertarikannya  dalam menguasai bahasa inggris.

Kegiatan ini merupakan sebuah agenda rutin MAN Insan Cendekia Sambas dalam pengembangan bahasa, mengapa Sinka Education and Training Center karena di sini siswa dapat berkomunikasi langsung bersama trainer trainer yang yang begitu menguasai berbahasa inggrisnya selain itu di SETC yang beralamat di Jl. Raya Pajintan Rt. 02/01-Singkawang Timur, Singkawang, Kalimantan Barat lokasinya menghadirkan suasana yang begitu alami dengan latar belakang gunung poteng singkawang, sungguh membuat suasana menjadi akrab bersama trainer dan alam.(Dedi/Humas MAN IC Sambas)