Bulan Ramdahan merupakan bulan yang paling utama dalam kelender Islam, bulan amal ibadah dilipat gandakan, bulan ketika pintu rahmat dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Selain itu seringkali bulan Ramdhan ini dimanfaatkan untuk saling berbagi dengan diadakannya acara buka puasa bersama di berbagai tempat sebagai sarana sillahturrahmi.

Momentum inilah yang digunakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka memperpanjang tali sillahturrami hingga ke daerah-daerah dengan mengadakan sillahturrahmi ramadhan beserta pemerintah provinsi dan daerah di Kabupaten Sanggau. 

Dalam kesempatan itu ikut serta dalam rombongan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Gubernur Cornelis SH.MH dan Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat diwakili Ade Haryadi Kasi Penerangan dan Penyuluh Agama Islam serta Abdul Bar dari Kasi Kurikulum Bagian Pendidikan dan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Acara berlangsung di Pendopo Bupati Sanggau pada hari Jum’at 2 Juni 2017 dari pukul 15.00 WIB hingga menjelang adzan maghrib. Drs.H. Jawani selaku pengisi acara ini memberikan tausiyah agama tentang memaknai Bulan Ramadhan sebagai sarana untuk mejalin sillahturrahmi dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan di Indonesia.

”Dengan semangat Ramdahan tahun ini marilah kita pererat jalin ukhuwwah persaudaraan kita tidak hanya kepada sesame Muslim tapi kita juga menebarkan rahmat Islam kepada saudara-saudara kita yang bukan seagama”, ujarnya.

Cornelis S.H.M.H selaku Gubernur Kalimantan Barat menyambut baik acara ini Karena memberikan efek saling menghormati dan memberikan rasa saling memiliki antar sesama umat Karena yang hadir tidak hanya oleh mereka yang beragama Islam. “Saya menyambut baik acara ini Karena memberikan efek saling menyejukan antar umat beragama”, tegasnya. Selain dalam kesempatan ini digunakan oleh Cornelis S.H,M.H untuk mengucapkan salam perpisahan karena hampir memasuki masa purna tugasnya.

Guna mempererat jalinan tali kasih dalam bulan Ramadhan yang suci ini maka rombongan memberikan bantuan sarana guna pakai yang bermanfaat bagi masyarakat, termasuk Kantor Wilayah Kementerian Agama memberikan bantuan seperangkat alat audio wireless yang berguna untuk penerangan dan penyebaran agama Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin. (Luthfi_Inmas)

Berita: