Kamis (15/1/2018) Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H. Darohman, S.Ag.M.Si mengunjungi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sekadau Hulu. Kunjungan dalam rangka melihat persiapan menghadapi ujian berbasis komputer. Melihat apakah sarana prasarana di MTsN Sekadau Hulu siap atau tidak. 

Kepala Tata Usaha MTsN Sekadau Hulu Andri. S. Kom saat di temui mengatakan sebelumnya sudah koordinasi dengan diknas bahwa MTsN Sekadau hulu saat ini masih kekurangan sarana prasarana, sehingga belum menggunakan UNBK. "Jaringan internet kabel belum masuk di sekadau hulu, jika ingin menggunakan internet harus menggunakan jaringan kartu internet. Namun bila menggunakan kartu jaringan tersebut juga tidak bagus signalnya. Belum lagi bermasalah jika terjadi pemadaman," ucapnya. 

Sementara H.Darohman mengharapkan pihak sekolah aktif mempertanyakan mengenai pengadaan komputer untuk pelaksanaan UNBK. Karena ke depan setiap ujian sudah harus menggunakan komputer, sehingga mau tidak mau dari sekarang sudah harus di siapkan sarana dan prasarana. 

Permasalahan mati lampu bisa di atasi dengan pengadaan genset. Selain itu lanjut orang nomor satu di Kemenag Sekadau tersebut jika tahun depan menggunakan UNBK maka harus ada koordinasi dengan pihak PLN jika nantinya menggunakan UNBK. 

Dari sisi sarana prasarana belum memadai, kedepan perlu segera di siapkankan  alat untuk pelaksanaan UNBK. Namun jika belum siap jangan memaksakan. Karena jika di paksakan bisa berakibat nilai siswa jatuh. Belum tentu semua siswa siap,  karena harus ada sosialisasi. Jangan sampai ujian coba-coba yang akibatnya bisa mempengaruhi nilai siswa, karena tidak semua paham IT, jadi perlu sosialisasi terlebih dahulu. Jangan nekat jika sarana prasarana belum memadai, lengkapi dulu sarana Prasarana," pintanya. 

Berikutnya untuk UAMBN soal dari diknas propinsi, UASBN soal di buat dari diknas Kabupaten. Untuk UASBN di koordinasikan dengan Diknas kabupaten. Terkait kesiapan H. Darohman mengharapkan sarana prasarana di lengkapi dan di koordinasikan untuk pengadaan di tahun berikutnya. (Andre)