Dalam rangka menghadapi simulasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), MTs Negeri 2 Ketapang berbenah dengan mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari persiapan ruangan ujian, sinkronisasi data peserta sampai sarana yang akan digunakan dalam simulasi tersebut. 

Persiapan ini dirasakan sangat perlu dilakukan karena MTs Negeri 2 Ketapang merupakan Madrasah yang baru pertama kali melakukan Ujian Berbasis computer secara mandiri karena sebelumnya harus menumpang di MAN 2 Ketapang.

Alhamdulillah pada tahun 2020 ini MTs Negeri 2 Ketapang berusaha mewujudkan untuk melakukan Ujian Berbasis Komputer ini secara mandiri. Salah satu ujian yang harus diikuti adalah UAMBNBK yang insyaallah pada tanggal 13 Februari 2020 akan diadakan gladi bersih dengan mata pelajara Alqur’an Hadist.

Peserta didik MTs Negeri 2 Ketapang yang akan mengikuti gladi bersih UAMBNBK ini sebanyak 134 orang yang dibagi dalam 2 lab dengan pengaturan sesi sebanyak 3 sesi. Untuk saat ini lab 1 menggunakan labtop/Komputer  sedangkan lab 2 menggunakan android. Mudah-mudahan pada pelaksanaan gladi UNBK pada tanggal 2 – 3 Maret 2020 Lab Komputer 2 bisa sudah tersedia Komputer/labtop.

Dari segi sarana prasarana, MTs Negeri 2 Ketapang berupaya semaksimal mungkin agar pelaksanaan ujian di tahun 2020 ini dapat berjalan lancar dan aman. Sehingga semua rangkaian ujian yang dilakukan pada jenjang madrasah berupa Ujian Madrasah, Ujian Praktik, Ujian Madrasah mata pelajaran umum, dan UNBKdapat diikuti oleh semua peserta didik.

Ibu Rita Yulinda, S.Pd selaku Kepala MTs Negeri 2 Ketapang berharap, mudah-mudahan pelaksanaan ujian di tahun pelajaran 2019-2020 ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Serta harapan beliau siswa-siswi dapat dengan tenang dalam mengikuti ujian dari awal hingga selesai, dan tentunya harapan juga terletak pada hasil yang akan dicapai, mudah-mudahan Peserta didik MTs Negeri 2 Ketapang dapat memperoleh hasil yang baik.