Menyambut kedatangan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), seluruh bagian dan seksi di Kantor Kemenag Kota Pontianak sudah mempersiapkan semua laporan keuangan dan kegiatan Tahun Anggaran 2017. Bahkan seluruh bagian dan seksi sebelumnya diinstruksikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak H Azharuddin Nawawi SAg untuk melakukan lembur guna meyelesaikan laporan keuangan dan kegiatan yang belum selesai. Sehingga pada Sabtu dan Minggu (tanggal 27-28/1/2018) seluruh bagian melakukan lembur.

Seperti yang dilakukan oleh Bendahara Pembantu Pengeluaran pada Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sumiati, yang dibantu oleh pengadministrasi Seksi PAI (Eka Susanti), keduanya melakukan lembur guna menyelesaikan laporan keuangan dan kegiatan Seksi PAI Tahun Anggaran 2017. Lembur dilakukan karena memang ada beberapa laporan kegiatan yang perlu dilengkapi sesuai arahan dari perwakilan Irjen Kemenag RI pada saat memberikan arahan dan pembinaan singkat terkait persiapan kedatangan Tim BPK di Kantor Kemenag Kota Pontianak.

Selain Seksi PAI, Bendahara Pembantu Pengeluaran pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Eka Aryani, SEI) juga melakukan lembur untuk menyelesaikan laporan kegiatan pada Seksi PD dan Pontren tahun anggaran 2017. Demikian halnya Seksi Pendidikan Madrasah, serta seksi dan penyelengara yang ada di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak, semuanya melakukan lembur. Terkait persiapan yang telah dilakukan, Rabu (31/1/2018) semua bagian nampak sudah melakukan penjilidan laporan.

Seperti diketahui, saat ini Tim BPK RI sedang melakukan audit keuangan kepada lima satker sebagai sampel di Provinsi Kalbar. Yakni Kanwil Kemenag Kalbar, STAKN Pontianak, Kankemenag Kota Singkawang, IAIN Pontianak, dan Kankemenag Kota Pontianak. Audit dilakukan  dari tanggal 29 Januari 2018 sampai tanggal 11 Februari 2018. Menurut informasi dari Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak bahwa tim auditor BPK RI akan melakukan audit di Kantor Kemenag Kota Pontianak pada Jumat dan Sabtu, tanggal 9 dan 10 Februari 2018.*(Sumi/Ptk)

Berita: