Seleksi Daerah Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2017 untuk pertama kalinya digelar oleh Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Kalbar. Seluruh rangkaian acara berlangsung lancar dan sukses. Hal tersebut patut disyukuri oleh semua pihak yang terlibat langsung dalam acara tersebut. Terutama kontingen Kota Pontianak yang telah berhasil meraih prestasi gemilang sebagai kontingen terbaik alias juara umum menyisihkan 13 Kabupaten/Kota lainnya di Kalbar.

Walaupun tidak memasang target harus menjadi juara umum, namun seluruh kontingen Kota Pontianak tetap berupaya menjadi yang terbaik. Seluruh siswa/siswi terbaik utusan Kota Pontianak telah mengerahkan seluruh kemampuan yang mereka miliki. Alhamdulillah semuanya telah membuahkan hasil terbaik pula. Hal tersebut disampaikan oleh pendamping kontingen Kota Pontianak tingkat SD Ahmad SPdI di sela-sela acara penutupan Seleksi Daerah Pentas PAI, Senin (21/8/2017).

Sementara pendamping kontingen Kota Pontianak tingkat SMP Mansyur SAg juga menilai seluruh rangkaian acara berlangsung lancar dan sukses. Seluruh panitia juga telah memberikan pelayanan terbaik kepada kontingen Kota Pontianak khususnya. Meskipun awalnya ada sedikit keluhan terkait jumlah kamar yang diberikan panitia untuk kontingen Kota Pontianak dengan jumlah 32 Orang, namun hal tersebut langsung direspon oleh ketua panitia (M Maksum Ahmadi, SAg) dengan menitipkan beberapa kontingen putri Kota Pontianak di kamar kontingen kabupaten lain yang kebetulan hanya ditempati satu orang.

Seleksi Daerah Pentas PAI Tingkat Provinsi Kalbar berlangsung selama empat hari (tanggal 18 – 21 Agustus 2017), di Gedung  Asrama Haji Jalan Sutoyo Pontianak. Kegiatan diikuti oleh siswa/siswi terbaik tingkat SD/SMP/SMA/SMK yang merupakan utusan dari 14 Kabupten/Kota Se Kalbar. Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Kalbar Drs H Syahrul Yadi MSi pada Jumat malam (18/8/2017).

Adapun empat cabang yang dilombakan dalam kegiatan tersebut, yakni Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk tingkat SD/SMP/SMA/SMK, Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) untuk tingkat SD dan SMP, Lomba Pidato PAI (LPP) untuk tingkat SD/SMP/SMA/SMK, dan Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP) untuk tingkat SD dan SMP.*(Sumi/Ptk)

Berita: