SINGKAWANG. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melangsungkan pertemuan rutin bulanan pada Jumat (09/02). Acara pertemuan rutin organisasi istri pegawai negeri ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Selain dihadiri oleh Ketua DWP Ny. Hj. Warni Wati Nahruji dan ibu-ibu istri para pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, kegiatan ini turut dihadiri oleh utusan dari Community Tuberculosis-Human Immunodeficiency Virus (TB-HIV) Care Singkawang, Slamet Juniardi yang diundang khusus untuk menyampaikan materi tentang penyakit TB-HIV. 

Pada kesempatan itu, Slamet Juniardi menjelaskan Tuberkulosis (TB) adalah penyakit yang sering ditemukan di Indonesia. Penyakit ini, yang disebabkan oleh bakteri, dapat menyerang berbagai organ dalam tubuh manusia, terutama mempengaruhi sistem kerja paru-paru. Selain paru-paru, bakteri TB juga menyerang tulang, kelenjar, kulit dan otak. Penyebaran penyakit ini juga sangat cepat karena bisa menular melalui udara.

Sedangkan HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan melemahkan kemampuan tubuh kita untuk melawan segala penyakit yang datang. Seseorang bisa hidup dengan HIV di dalam tubuhnya bertahun-tahun lamanya tanpa merasa sakit atau mengalami gangguan kesehatan yang berat. Lamanya masa sehat ini sangat dipengaruhi oleh keinginan yang kuat dari dari dalam diri dan bagaimana menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat. Namun, penyakit TB dapat memperpendek masa sehat ini. “Sebagai orang yang sehat dan memahami informasi, ada baiknya kita menjalani hidup sehat dengan menjaga lingkungan sekitar tempat kita tinggal, dan menjaga kebersihan diri sehingga penyakit tidak akan mudah menjangkiti.” ajak Slamet. (Jk/hms)

Berita: