Selasa (9/10/2018) Bertempat di ruang Kasi Bimas Katolik Kemenag Sekadau dilaksanakan pertemuan Guru-guru SD Agama Katolik membahas persiapan Bimbingan Tehknis Kurikulum 2013 (K13) untuk pembuatan perangkat pembelajaran termasuk RPP, Promes, Prota, pemetaan analisis. Kegiatan direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 19.

Kasi Bimas Katolik Kemenag Sekadau Yohanes Kusnadi,SS mengatakan Kegiatan tersebut Mandiri atas biaya mereka (guru). "Kegiatan ini merupakan keinginan guru sendiri untuk berkembang dan kegiatan tersebut difasilitasi oleh pihak Kementerian Agama Kabupaten Sekadau,” ungkap Yohanes.

Kegiatan tersebut seperti Kelompok Kerja Guru (KKG) namun di ruang lingkup Kabupaten yang terdiri dari KKG di tiap Kecamatan dan Murni Mandiri. Adapun pembahasan meliputi perangkat pembelajaran, penyeragaman, kerangka pembuatan RPP, Promes dan Prota.

Sehingga antara satu guru dengan guru lainnya ada kesinambungan apabila ada suatu kelompok guru yang diberi kepercayaan untuk membuat soal ulangan atau soal ujian di tingkat Kabupaten para guru punya kesamaan pemahaman bahan ajaran. Dengan harapan tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,”ujarnya.

Dikisahkannya dahulu ada guru yang sudah menggunakan K13 dan ada yang masih menggunakan KTSP, lalu soal ulangan atau ujian menggunakan K13. Kesulitan seperti itu yang nanti pada pertemuan Bimtek K13 akan di minimalisir.

Yohanes Kusnadi,SS berharap kegiatan tersebut bisa menjangkau semua guru, sehingga tidak ada kendala yang dihadapi dan proses kegiatan pembelajaran di sekolah bisa terlaksana dengan baik. "Nanti setelah pelaksanaan kegiatan akan ada evaluasi dan akan di lakukan tindakan follow up, dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten di bidangnya dalam hal ini akan mengundang pengarang bukunya,” tutup Yohanes. (Andre)

Berita: