Ribuan orang memadati lapangan terminal Nanga Pinoh mengikuti dan menyaksikan acara Pelepasan Jemaah Calon Haji  yang akan memenuhi rukun Islam yang ke lima yaitu Haji. Hadir dalam acara yang penuh haru itu adalah Bupati dan Wakil Bupati Melawi dan Istri, Ketua DPRD dan jajarannya, Anggota DPR RI  daerah Pemilihan Kalbar H. Sukiman, S.Pd, M.M., Para Kepala Dinas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi, dan ribuan warga Nanga Pinoh yang ikut menyaksikan acara tersebut pada hari Selasa, 08 Agustus 2017.

Dalam laporannya Kabag Kesra Pemda Melawi Drs. Midi Amin mengatakan bahwa “semula jatah calon haji dari Melawi adalah 75 orang, tetapi alhamdullilah kuota bertambah menjadi 107 orang. Tetapi ada satu calon haji wafat sebelum berangkat, maka calon haji kita yang berangkat tahun ini adalah 106 orang.” Lebih lanjut Pak Midi, begitu beliau biasa dipanggil, menyampaikan rasa trima kasihnya kepada Pemda Melawi, terutama kepada Bupati Melawi yang memberikan dukungan secara riil yaitu setiap calhaj mendapatkan uang saku Rp. 1.500.000 per orang, satu kaos sebagai tanda khas dari Melawi,   bekal yang disediakan dalam kemasan taperwer oleh Bu Panji, dan ada satu tenaga medis yang siap melayani calhaj dan masih ada bentuk dukungan lainnya,”lapornya yang disambut dengan tepuk tangan hadirin.

Sementara itu Bupati Melawi, Panji,S.Sos mengungkapkan rasa syukurnya karena ada 107 orang yang menjadi calon Haji Tahun ini. “Kita patut mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT karena ada 107 warga kita dipanggil Allah SWT untuk memenuhi rukun Islam yang ke lima yaitu Haji dan tentu Bapak, Ibu, Saudara dan Saudari juga menjadi tamu Allah di Tanah Suci. Oleh karena itu ada beberapa pesan yang harus saya sampaikan kepada Bapak, Ibu, Saudara dan Saudari para calon haji; pertama, Jaga kesehatan, ingat ada perbedaan cuaca yang sangat ekstrim antara Indonesia dengan Arab Saudi; kedua, pelihara kekompakkan yang sudah dibina selama persiapan di sini dan selalu berkoordinasi dengan petugas haji; ketiga, ikuti semua tahapan, jangan sampai ada tahapan yang terlewatkan. Oleh karena itu saya berharap para petugas harus optimal dalam menjalankan tugasnya; keempat, berdoalah untuk Melawi agar Melawi menjadi lebih baik dan sejahtera; dan yang kelima, jaga nama baik Indonesia,” pesannya mantap di hadapan para calhaj yang disaksikan oleh ribuan warga Melawi. (Geby)

Berita: