Jamaah Haji Kalimantan Barat Kelompok Terbang (Kloter) 12 Tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada tanggal 10 September 2018 pukul 10.30 Wib. Kedatangan Jamaah Kloter 12 ini disambut oleh Kepala Wakil Gubernur Kalimantan Barat H. Ria Norsandi Aula Asrama Haji Batam.

Kedatangan Jamaah asal Kabupaten Bengkayang dan Ketapang ini juga disambut oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah beserta Isteri yang datang dari sejak kedatangan Kloter 11 Minggu Malaml (09/09/2018).

Acara penyambutan di Debarkasi Batam diawali dengan pembacaan Do’a oleh H. Miftahurrahman, S.Ag selaku Tim Pembimbinh Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Setelah doa bersama acara dilanjutkan dengan laporan singkat oleh Ketua Kloter 12 H. Samin Lasio, M.Pd.I sekaligus menyerahkan kembali Jamaah Kloter 12 kepada PPIH Batam yang ditandai dengan Peyerahan Bendera Merah Putih.

Dalam melaksanakan tugasnya H. Samin  menuturkan bahwa  jumlah jamaah Haji yang berangkat dari Embarkasi Batam berjumlah berjumlah 445 orang, saat pemberangkatan ada tambahan dari Kloter 7 sebanyak  3 orang dan petugas Kloter sehingga jumlah yang diberangkatkan dari Embarkasi Batam sebanyak 450 orang.

Dalam pelaksanaan ibadah ada pengurangan Jamaah 2 orang meninggal dan 1 orang dirawat di Rumah Sakit Uhud Madinah sehingga yang pulang saat ini dan ada penambahan 2 orang sehingga jumlah keseluruhan berjumlah 449 orang. Dan kami berharap bisa kembali kerumah masing masing dalam keadaan sehat wal’afiat.

“Salah satu persoalan yang dihadapi oleh kami dilapangan adalah  ketika jamaah tersesat karena terpisah dari rombongan dan tidak menggunakan tanda pengenal has daerah seperti sal dan lain-lain sehingga kesulitan untuk ditemukan,” jelas Samin.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Ketua Kloter tersebut kepada seluruh jamaah Haji, para Karo (Ketua rombongan), Karu (Ketua Regu) dan petugas kloter TPHD Provinsi dan TPHD Kabupaten atas kerjasamanya sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat terlaksana dengan baik.

Dalam acara pentambutan tersebut Wakil Gubernur Kalimantan Barat H. Ria Norsan menyamaikan ucapan Selamat Datang kepada seluruh Jamah haji Kalbar Kloter 12 yang telah menunaikan ibadah Haji Tahun 1439 H dan berada di tanah suci selama 40 hari.

“Semoga pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan membawa perubahan yang lebih baik sehingga pengalaman kebersamaan dalam melaksanakan ibadah dapat ditumbuh kembangkan ketika berada di lingkungan masing-masing,” jelas Ria Norsan.

Ungkapan terima kasih dan penghargaan juga disampaikan oleh Ria Norsan yang baru dilantik sebagai Wakil Gubernur Kalbar pada 5 September lalu kepada para petugas TPHI, TPIHI, Para Dokter dan Paramedis yang telah membantu Jamaah Kalimantan Barat dalam melaksanakan Ibadah Haji ke tanah suci.

Akhirnya Ria Norsan berharap semoga seluruh Jamaah Haji yang saat ini kembali ke tanah air dapat bertemu keluarganya dalam keadaan sehat wal’afiat dan menjadi suri teladan bagi masyarakat disekitarnya. (Ir-Inmas).

Berita: