Mempawah. Pada Ramadhan tahun ini, MAN Mempawah menggelar kegiatan Pesantren Kilat (sanlat) Cinta Ramadhan 1439 H dengan tema “Anggun dalam moral, Unggul dalam intelektual”. Kegiatan ini merupakan bagian dari program ibadah di MAN Mempawah dalam mengisi kegiatan yang positif di bulan suci Ramadhan ini.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, yang dimulai tanggal 4 sampai 7 Juni 2018 di aula MAN Mempawah. Diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XI MAN Mempawah. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk akhlakul karimah dan menambah wawasan ilmu keagamaan dan pengetahuan umum serta sebagai ajang silaturahmi antar siswa, Tenaga pendidik dan Kependidikan di MAN Mempawah.

Pembukaan kegiatan senin 4 Juni 2018 dimulai pukul 07.30 WIB oleh Kepala MAN Mempawah Misran,S.Pd.I dan dihadiri oleh dewan guru dan Tata Usaha MAN Mempawah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini didasari oleh Rencana Kerja Tahunan (RKT) MAN Mempawah di tahun 2018 tentang pembinaan berkelanjutan terhadap sikap, mental, pengetahuan dan keterampilan siswa juga didasari oleh edaran Kabid Penmad Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat nomor 2991/Kw.14.2/1/PP.005/05/2018 poin 4 selama Ramadan Madrasah dihimbau melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan akhlaq mulia, pemahaman, pendalaman dan amaliah keagamaan.

Kegiatan pesantren kilat ini diawali dengan pelaksanaan Shalat Sunah Tasbih dan Shalat Sunah Dhuha berjamaah, dilanjutkan dengan tadarrus Qur’an dan diakhiri dengan materi-materi yang berkaitan dengan semangat Ramadhan dan pembentukan karakter siswa sebagaimana tema yang diusung pada sanlat tahun ini. Materi-materi tersebut yaitu tentang Puasa dan hikmahnya, Adab berhias dan bergaul bagi remaja, Psikologi remaja, dan Hidup sehat tanpa Narkob oleh tim penyuluh BNN Mempawah. Kegiatan penutupan Sanlat cinta Ramadhan ini dilaksanakan Jumat 8 Juni 2018 pukul 16.00 sekaligus buka bersama. (Sirad/Mpw)