Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXIV Tingkat Provinsi Kaliamantan Barat telah dibuka secara resmi tadi malam dan mulai pagi ini rabu (10/05) beberapa perlombaan mulai digelar. Masing-masing Pendamping dan Ofisial mendampingi setiap peserta pada masing-masing cabang dan Golongan di tempat yang berbeda.

Ada tiga lokasi pelaksanaan lomba yang berbeda pada STQ kali ini, yang pertama adalah Arena Utama sebagai tempat pelaksanaan Cabang Tilawah anak-anak dan Dewasa, Selanjutnya tempat kedua adalah Pendopo Bupati Kayong Utara sebagai lokasi pelaksanaan lomba Cabang Tahfidz Qur’an Golongan 10, 20 dan 30 Juz.

Sedangkan untuk cabang Hifzil Al-Qur’an 1 juz dan 5 juz Ma'attilawah dipusatkan di Masjid Usman Al-Khair di depan tugu Durian Sukadana.

Sekretaris Dewan Hakim H. Edi Setiawan menjelaskan bahwa seluruh Dewan Hakim diberangkatkan ke lokasi sesuai dengan cabang lomba masing-masing lebih awal dari jadwal yang di tentukan, hal ini dilakukan sebagai pematangan persiapan pelaksanaan pertandingan.

“Pada hari pertama sengaja Dewan hakim kami berangkatkan lebih awal, karena beberapa pengalaman sebelumnya, di hari pertama biasanya ada kekurangan perlengkapan yang kurang sempurna, sekaligus menyepakati hal-hal tehnis pelaksanaan lomba sebagaimana pada kegiatan tehical metting,” jelas Edi.

Pada pagi ini (10/5) diarena utama telah tampil 10 peserta Tilawah anak-anak dengan nomor peserta TQ 101 sampai dengan TQ 110. Sedangkan di Pendopo Bupati akan tampil 14 peserta Hifzil Qur’an 10 juz yakni dari nomor peserta HQ 201 sampai dengan HQ 214. Adapun lainnya adalah cabang Hifzil Qur’an Golongan 1 Juz Ma'atilawah akan tampil sebanyak 8 peserta yang dipusatkan di Masjid Usman Al-Khair.

Usai Shalat Dzuhur pelaksanaan lomba STQ XXIV dilanjutkan dngan penampilan 4 peserta untuk cabang Tilawah anak-anak, demikian halnya dengan Masjid Al-Khair akan tampil peserta Hifzil Qur’an Golongan 5 Juz ma'attilawah. Sedangkan untuk cabang Hifzil 10 juz akan tampil 7 peserta di Aula Pendopo Bupati Kayong Utara.

Pada malam harinya, Seluruh lokasi di Istirahatkan kecuali Mimbar Utama di pinggir pantai pulau Datok Kayong Utara, karena ditempat tersebut akan digelar penampilan peserta lomba Cabang Tilawatil Qur’an Tingkat Dewasa putra dan putri, adapun peserta yang akan tampil sebanyak 10 orang dari nomor urut TQ.401 sampai dengan TQ.410. (Ir-Inmas)