SINGKAWANG. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang bekerja sama dengan Panitia Singkawang Ramadhan Fair 1439 H menggelar kegiatan Peringatan Nuzul Qur’an 1439 H di Arena Singkawang Ramadhan Fair, Halaman Mess Daerah Singkawang pada Sabtu Malam 2 Juni 2018.

Acara Peringatan Nuzul Qur’an 1439 H ini diselenggarakan tepat tanggal 17 Ramadhan yang merupakan tanggal turunnya Al Qur’an. Ketua PHBI Kota Singkawang H. Ruslan Karim menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan satu rangkaian yang tidak terpisahkan dari kegiatan Singkawang Ramadhan Fair 1439 H. Ia juga menyampaikan bahwa pada kegiatan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat mulai dari Kepala Instansi / SKPD, Tokoh Agama dan Masyarakat Muslim, Pengurus Masjid dan Sekolah/Madrasah yang ada di Kota Singkawang.

Sementara itu, Wakil Walikota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Al Qur’an merupakan sumber dan rujukan pertama dalam agama Islam yang diturunkan Allah sebagai acuan moral secara universal dalam memecahkan problema sosial yang timbul ditengah-tengah masyarakat. Ia mengungkapkan bahwa Al Qur’an mengajarkan dan memberi petunjuk kepada manusia tentang toleransi, kebaikan, keadilan, kedamaian kesejahteraan dan tidak mengajarkan kedzoliman.“Secara kategoris dan tematik, Al Qur’an dihadirkan untuk menjawab berbagai problema aktual yang dihadapi oleh manusia.” terangnya.

Pada kesempatan itu, Irwan juga mengungkapkan bahwa momentum Ramadhan ini merupakan waktu yang tepat untuk lebih banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an. Terlebih lagi Ramadhan merupakan bulan dimana ayat Al Qur’an pertama kali diturunkan. Untuk itu, ia mengajak hadirin untuk lebih giat membaca, mempelajari dan mendalami isi ajaran Al Qur’an sehingga akan memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari serta akan memperoleh syafaat dari Al Qur’an pada hari akhir nanti.

Adapun rangkaian kegiatan dimulai setelah Sholat Tarawih ini diakhiri dengan kegiatan Tausiyah Keagamaan terkait peristiwa Nuzul Qur’an dan Interaksi dengan Al Qur’an oleh Ustadz Drs. KH. Madalih. HR seorang Muballigh dari Kota Depok.(Jk/skw)

Berita: