SINGKAWANG. Selasa (11/09/2018), Ribuan masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya memadati lapangan sepak bola Tarakan di Jalan Pemuda Kelurahan Sekip Lama Singkawang untuk mengikuti serta menyaksikan kegiatan Pawai Akbar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang jatuh bertepatan dengan tanggal 11 September 2018.

Kegiatan Pawai Akbar menyambut pergantian tahun dari tahun 1439 H ke 1440 H ini diprakarsai oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang. Selain sebagai agenda rutin, ketua PHBI Kota Singkawang, H. Ruslan Karim menyampaikan bahwa kegiatan pawai akbar ini merupakan kegiatan syiar agama dakwah bil hal serta untuk mempererat hubungan tali silaturahmi masyarakat muslim di Kota Singkawang. Adapun peserta pawai adalah seluruh masyarakat muslim Kota Singkawang yang tergolong dalam ormas-ormas Islam, Pengurus Masjid, Majlis Taklim, Lembaga Pendidikan dan Instansi Pemerintahan yang ada di Kota Singkawang.

Sementara itu, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie dalam sambutannya sekaligus melepas peserta pawai menyampaikan selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H kepada seluruh umat muslim Kota Singkawang. Ia mengungkapkan kegiatan pawai yang dilakukan merupakan implementasi dari kegiatan hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah dari Mekkah ke Madinah. Untuk itu ia berharap masyarakat Kota Singkawang dapat memaknai hijrah dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan introfeksi diri dengan meningkatkan keimanan dan kualitas diri sehingga menjadi insan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Demikian pula dalam kehidupan bermasyarakat, ia menghimbau untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan bersama-sama menjaga kerukunan untuk mewujudkan Kota Singkawang yang aman, nyaman, maju dan sejahtera menuju Singkawang Hebat.

Iringan peserta pawai dimulai dengan dikibarkannya bendera oleh Walikota. Peserta pawai pun mulai bergerak menuju rute yang telah ditentukan. Mereka akan melewati Jl. Pemuda, Jl. Jend. Sudirman, Jl. Nusantara, Jl. Setia Budi, Jl. Setia Budi, Jl. Sejahtera, Jl. P.Diponegoro dan finis di Masjid Raya Singkawang. Meskipun cuaca agak kurang mendukung dengan turunnya hujan gerimis, tetap tidak menyurutkan semangat peserta dan pawai tetap berlangsung semarak dengan iringan marching band dan lantunan sholawat dari peserta pawai.(Jk/skw)

Berita: