SINGKAWANG. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang menutup secara resmi acara Lomba Qasidah dan Busana Muslim/Muslimah Tahun 2018 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H di halaman Mess Daerah Kota Singkawang pada Jum’at malam 2 Februari 2018.

Ketua PHBI Kota Singkawang H. Ruslan Karim dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Kota Singkawang dan semua pihak yang ikut mensukseskan dan memberikan bantuan dan dukungannya dalam pelaksanaan kegiatan ini. H. Bol (H.Ruslan Karim biasa disapa) juga menerangkan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana dakwah dan syiar Islam serta menumbuhkan bakat dan potensi generasi muda sebagai upaya dalam menangkal pengaruh negatif, membendung kemerosotan dan dekadensi akhlak serta degradasi nilai-nilai kemanusiaan melalui dunia seni yang Islami.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 29 Januari hingga 2 Februari 2018 ini berjalan lancar dan sukses dengan animo masyarakat yang cukup tinggi mengikuti dan menyaksikan berbagai lomba. Adapun kegiatan lomba ini diikuti oleh 43 group peserta lomba qasidah dan 55 orang peserta lomba busana. Setelah sekitar lima hari semua peserta lomba menampilkan yang terbaik, tibalah pada acara puncak yaitu penutupan lomba dengan mengumumkan siapa yang menjadi juaranya.

Selanjutnya dewan juri membacakan para pemenang lomba yang ditetapkan dengan surat keputusan No.01 Tahun 2018 tentang Penentuan Kejuaaran Lomba Qasidah tingkat Pelajar, umum dan Dewasa se-SINGBEBAS Tahun 2018. Untuk lomba Qasidah tingkat dewasa se-SINGBEBAS (Singkawang, Bengkayang dan Sambas) Juara I diraih oleh Group Qasidah Al Manar utusan Kelurahan Roban Kota Singkawang dengan nilai 96 poin. Juara II Group Qasidah Persit Rindam utusan Rindam Pasir Panjang Kota Singkawang dengan nilai 94 poin dan Juara III diraih oleh Group Qasidah Al Khairiyah utusan Kelurahan Jawa Kota Singkawang dengan nilai 91 poin.

Untuk lomba Qasidah tingkat Umum se-SINGBEBAS Juara I diraih oleh Group Qasidah Nurul Hidayah Sekip Baru Singkawang dengan nilai 93 poin. Juara II jatuh pada Group Qasidah Hidayatul Amaniyah Kridasana Kota Singkawang dengan nilai 92 poin dan Juara III Group Qasidah Al Fatah RINDAM Kota Singkawang dengan nilai 91 poin. Sedangkan untuk lomba Qasidah tingkat Pelajar Juara I berhasil diraih oleh Group Qasidah MTs Ushuluddin Singkawang dengan nilai 88 poin. Juara II jatuh pada Group Qasidah MA Ushuluddin Kota Singkawang dengan nilai 86 poin dan Juara III Group Qasidah Fairuz Sabab utusan MAN MODEL Kota Singkawang dengan nilai 84 poin.

Sementara untuk lomba busana muslim/muslimah syar’i tingkat pelajar SMP/MTs/SMA/MA/SMK se Kota Singkawang cabang putri Juara I diraih oleh peserta nomor undian 13 dengan nilai 960 atas nama Deva Delana utusan MTsN Singkawang. Juara II dengan nilai 930 diraih oleh peserta dengan nomor undian 03 atas nama Kanisah Harfani utusan MA Makarim El-Akhlak Singkawang dan Juara III diraih oleh peserta nomor undian 23 dengan jumlah nilai 910 atas nama Zahra Shafa Marwah utusan SMPN 3 Singkawang.

Untuk cabang putra Juara I diraih oleh peserta nomor undian 04 dengan nilai 900 atas nama Alwi Nur Ikhsan utusan SMPN 4 Singkawang. Juara II dengan nilai 880 diraih oleh peserta dengan nomor undian 01 atas nama Rizki Ramadhan utusan SMPN 4 Singkawang dan Juara III diraih oleh peserta nomor undian 10 dengan nilai 860 atas nama Dito utusan MA YASTI Singkawang. (Jk/Hms)

Berita: