PUTUSSIBAU-KAPUAS HULU – Kamis (30/11/2017). Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu menggelar acara Safari Maulid ke beberapa Desa diwiliyah Kecamatan Selimbau dan sekitarnya.  Tempat yang menjadi sasaran Safari Maulid tahun ini diantaranya, Desa Kampung Dalam Selimbau, Desa Nibung, Desa Piasak, Desa Lebuyan dan Desa Sekulat. Safari malam pertama, rombongan PHBI Kecamatan Selimbau mengunjungi Masjid At-aqwa Desa Dalam Kecamatan Selimbau. Turut dalam rombongan tersebut, Camat Kecamatan Selimbau, Ketua PHBI Kecamatan Selimbau, Tokoh Masyarakat Muk Dan, serta para Pemuka Agama setempat.

Ketua PHBI H.Rusli mengatakan dalam sambutanya, bahwa kegiatan safari tersebut adalah program PHBI dalam rangka memperingati Peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H, yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kecintaan umat kepada Nabi Muhammad SAW.   H. Rus juga mengingatkan kepada para masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersamaan dan persaudaraan, mengingat muslim satu dengan lainya adalah bersaudara.”Maka berlaku baiklah kepada saudara kita”, Ujar H.Rus.

Dalam sambutanya, Camat Selimbau menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PHBI serta masyarakat kecamatan Selimbau yang telah berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya sehingga kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai dengan harapan.  Tidak lupa Pak Camat mengingatkan kepada para jamaah yang hadir, agar senantiasa meningkatkan Ukhuwah diantara sesama muslim serta meningkatkan semangat toleransi diantara sesama agar terciptanya masyarakat Selimbau yang aman, sejahtera dan harmonis.

Acara yang dimulai dari ba’da isya tersebut, diisi Taushiyah oleh Ustad Mawar Susardie,SHI ASN Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu.   Dengan suara lantang dan bergaya semangat, Ustad Alumni Mahad Al-Ishan Malang tersebut mengupas secara gamblang sejarah perjalanan hidup Nabi SAW kepada para jamaah.  Ustad Mawar Susardie,SHI yang akrap disapa Ustad Adhy tersebut juga menyampaikan beberapa pesan hikmah yang dapat  dijadikan pelajaran dan acuan dalam kehidupan umat muslim sehari-hari.

Antusias masyarakat cukup baik, hal tersebut terlihat dari kehadiran mereka dibeberapa tempat yang cukup membludak, dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa.  Bahkan ada dibeberapa tempat dimana saat kegiatan maulid berlangsung, bertepatan dengan digelarnya kegiatan lain oleh masyarakat, dan ada pula dibeberapa tempat terjadi hujan yang cukup deras, namun kesemuanya tidak melunturkan semangat masyarakat untuk menghadiri Peringata Maulid Nabi SAW tahun ini. Semoga Kegiatan ini akan menambah semangat kecintaan masyarakat kepada Baginda Nabi SAW, serta semangat untuk selalu menerapkan sunah-sunah nabi di kehidupan sehari-hari. (Ms/KH).

Berita: