Selasa (11/9/2018), ribuan warga muslim Kota Pontianak tumpah ruah di Jalan Rahadi Oesman Pontianak. Ribuan warga yang berkumpul di depan Kantor Walikota Pontianak ini untuk mengikuti pawai akbar menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Pemerintah Kota Pontianak melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI), yang bekerja sama dengan Remaja Masjid Mujahidin Pontianak.

Seluruh peserta pawai akbar tersebut dilepas langsung oleh Plt. Wali Kota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM., MT didampingi Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak H. Ekhsan, S.Ag, M.Si dan sejumlah pejabat lainnya. Pelepasan peserta pawai ditandai dengan pemukulan tar. Tampak hadir dalam acara tersebut Asisten I dan II, seluruh Kepala OPD/SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak, Camat dan Lurah se Kota Pontianak, pimpinan sejumlah organisasi Islam, tokoh agama serta tokoh masyarakat Kota Pontianak.

Sebelum peserta pawai akbar dilepas oleh Plt. Wali Kota Pontianak, acara diawali dengan pembacaan ayat suci AlQuran. Kemudian pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak. Dilanjutkan dengan laporan Ketua Umum PHBI Kota Pontianak yang juga adalah Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ir. Raihan. Kemudian sambutan Plt. Wali Kota Pontianak sekaligus melepas peserta pawai akbar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah.

Dalam sambutannya, Plt. Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono atas nama Pemerintah Kota Pontianak mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H kepada seluruh umat Islam Kota Pontianak. Ia juga mengajak semua umat Islam Kota Pontianak untuk berhijrah menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Melalui moment 1 Muharam Tahun 1440 Hijriyah, mari kita semua melakukan evaluasi diri terhadap apa yang sudah dilakukan tahun lalu. Kemudian bertekad semakin memperbaiki diri tahun ini dan yang akan datang. Karena hijrah itu intinya adalah memperbaiki diri dalam segala hal. Berpindah dari hal yang belum baik untuk hal yang jauh lebih baik,” ajaknya kepada ribuan peserta pawai akbar.

Menurut Wali Kota Pontianak terpilih ini, bila seluruh umat terus menerus memperbaiki diri untuk menjalankan syariat agamanya, maka tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara ini juga akan semakin tertib. Sebab setiap ajaran agama manapun pasti mengatur tentang ketertiban, menjaga kerukunan dan keharmonisan, baik antar umat beragama maupun intern umat beragama masing-masing.

Apa lagi, lanjut Edi begitu ia akrab disapa, di tahun 2019 mendatang ada Pemilihan Legeslatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres). Sesuai tema peringatan 1 Muharam tahun ini, mari kita jadikan tahun baru Islam 1440 Hijriyah untuk membentuk prilaku umat Islam sesuai tuntunan agama dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang Pilpres 2019, ajaknya dengan suara lantang.*(sumi/ptk)

Berita: