Sambas-MAN Insan Cendekia Sambas, Seru!!! Demikian ungkapan yang terlontar dari 20 Peserta Jamboree On The Air – Jamboree On The Internet (JOTA – JOTI) Tahun 2017 dari Pangkalan MAN Insan Cendekia Sambas yang bergabung mengikuti kegiatan tersebut melalui stasiun JID 3ID48U milik Kwartir Cabang Sambas, Sabtu (21/10/2017) malam.

Ka Kwarcab Sambas H. Sudarto Eka Putra, mengungkapkan bahwa JOTA-JOTI 2017 dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia pada tanggal 20 s.d. 22 Oktober 2017. Kegiatan tersebut merupakan acara internasional resmi dari Organisasi Dunia Gerakan Pramuka. “Ini merupakan kegiatan resmi bertaraf internasional. Dan kegiatan tahun ini merupakan keikutsertaan kami yang ke-enam kalinya” ungkapnya.

Dalam pantauan hingga berita ini diturunkan, peserta masih antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan karena keasyikan, sebagian besar diantara mereka mengaku tidak tahu jika waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 Wita. Sebagian besar diatara mereka bahkan mengaku telah melakukan chatting dengan anggota kepanduan dari berbagai dunia.

“Saya sudah chat dengan anggota Pandu dari Turki, Palestina, Afrika Selatan, dan Australia” ungkap Riskiansyah, salah seorang peserta. Sementara itu, Gati Estuninggusti salah seorang peserta juga mengungkapkan perasaannya bahwa berkomunikasi dengan anggota pandu dari penjuru dunia, meski melalui chat membuat dirinya melupakan segala-galanya yang bersifat pribadi, diantaranya rasa kantuk, rasa lapar, bahkan rasa sakit dan pegal. “Kutunduk tak pernah teralihkan, setia pada layar, mengabaikan rasa sakit, mengabaikan rasa pegal, kutatap layar handphoneku yang memancarkan cahaya, hanya demi chatting dengan teman baru yang berasal dari belahan bumi yang sebelumnya tak kukenal,” ungkapnya dengan nada puitis.

Keseruan lain diungkapkan oleh, Fadli Ilmi Akmal, Dirinya mengaku dalam hitungan waktu 60 menit telah mendapatkan teman chat sebanyak 28 orang dari Negara yang berbeda-beda. Hal tersebut dibuktikan dari lembar Log Sheet JamPuz 2017 yang dimilikinya cepat terisi full. Atas kecekatannya mencari teman tercepat, dirinya diapresiasi dan mendapatkan Juara 1 Pengumpul JID Terbanyak dengan 436 Poin, dan di susul oleh Alyaa ULhaq juara III dengan jumlah 326 Point, jadi MAN IC Sambas Juarai Lomba JID JOTA JOTI 2017.(ded/hmsic)