Selain memberikan bantuan operasional kepada lembaga Taman Pendidikan AlQur’an (TPQ) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kota Pontianak tahun ini juga akan memberikan bantuan kepada Pondok Pesantren. Bentuk program bantuan berupa bantuan meubelair, pembangunan asrama pondok pesantren, dan rehab asrama pondok pesantren.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kota Pontianak, H Ernan SAg MSi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (31/1/2018). Menurutnya bantuan tersebut diberikan guna menindaklanjuti DIPA Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Tahun Anggaran 2018, Nomor 025.04.2.418675 tanggal 08 Januari 2018, tentang Program Bantuan Meubelair, Pembangunan Asrama Pondok Pesantren, dan Rehab Asrama Pondok Pesantren.

Kemudian H Ernan menjelaskan, tiga program bantuan untuk pesantren tersebut masing-masing akan diberikan kepada empat Pondok Pesantren yang ada di wilayah Kota Pontianak. Dengan rincian, satu lembaga akan diberikan bantuan Meubelair, satu lembaga akan diberikan bantuan untuk Pembangunan Asrama Pondok Pesantren, dan dua lembaga lainnya akan diberikan bantuan untuk Rehab Asrama Pondok Pesantren.

Terkait bantuan tersebut, H Ernan juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menginformasikannya kepada 27 Pondok Pesantren yang aktif dan berada di wilayah Kota Pontianak, melalui surat dengan Nomor: B-473/Kk.14.01.3/PP.00.7/01/2018 tanggal 31 Januari 2018 tentang Program Bantuan Pondok Pesantren. Informasi terkait bantuan juga sudah ditempel di papan informasi yang ada di depan ruang Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kota Pontianak.

Lebih lanjut H Ernan yang didampingi salah satu stafnya Eka Aryani SEI  mengatakan, bagi pimpinan Pondok Pesantren yang ingin mendapatkan bantuan tersebut, disilahkan untuk segera menyampaikan usulan proposal permohonan bantuan kepada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kota Pontianak dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Adapun syarat dan ketentuan penerima program bantuan Pondok Pesantren adalah:  Aktif menyelenggarakan kegiatan kepesantrenan; Memiliki santri mukim minimal 50 orang; Belum memiliki/masih minimnya fasilitas meubelair dan Asrama santri, sehingga berdampak pada penurunan perkembangan lembaga dan mutu pendidikan; dan terdaftar pada Kementerian Agama Kota Pontianak dibuktikan dengan Piagam Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP).

Selain itu, Pondok pesantren yang akan diberikan bantuan harus memiliki Akte Notaris Pendirian yayasan / lembaga / Sertifikat Wakaf / Akta Ikrar / Akta Hibah; Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama Lembaga; serta memiliki rekening bank yang aktif atas nama lembaga yang bersangkutan.

Proposal permohonan bantuan Pondok Pesantren disampaikan paling lambat Kamis, 29 Maret 2018 pada jam kerja. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung ke Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kota Pontianak, kepada ibu Eka Aryani SEI, CP.081352260275.*(Sumi/Ptk)

Berita: