Sungai Duri_Senin (24/9)  ada banyak cara kita untuk peduli terhadap lingkungan dan menjaga, kelestarian dan menjaga keseimbangan alam, agar planet bumi yang kita tempati ini semakin nyaman. Sayangnya belakangan ini banyak sekali oknum-oknum yang dengan sengaja merusak keindahan alam dengan tidak bertanggung jawab, sehingga mengganggu keseimbangan bahkan terjadi berbagai musibah mulai dari tanah longsor, banjir, kabut asap dan berbagai bencana alam lainnya yang disebabkan oleh perusak yang tidak bertanggung jawab.
Untuk itulah, Ahmad Sihabuddin S.Sos.I selaku Kepala KUA/Balai Nikah Kec. Sungai Raya, Kab. Bengkayang mengadakan program terbaru dari Balai Nikah Kec. Sungai Raya yakni program calon pengantin (catin) peduli lingkungan. Khusus di Balai Nikah Kec. Sungai Raya, bagi catin yang hendak menikah dihimbau untuk menyumbangkan minimal satu bibit tanaman bakau untuk ditanam di pantai di wilayah Sungai Raya dan sekitarnya. Bertujuan untuk menjaga lingkungan pantai dari kerusakan, menggunakan tanaman mangrove.
Guna merealisasikan program dan melibatkan serta meminta dukungan berbagai pihak, Kepala KUA/Balai Nikah Kec. Sungai raya melaksanakan program Catin Peduli Lingkungan di Pantai Pangsuma Sungai Duri. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala desa sungai duri, dari pihak kepolisian diwakili Babin kabtibmas, Danramil yang diwakili Babinsa, penggiat atau kelompok peduli lingkungan Sungai Duri, dan penyuluh agama Islam KUA Sungai Raya.

Sihabuddin mengatakan bahwa acara pengantin peduli lingkungan ini, bertujuan agar pengantin peduli akan kelestarian lingkungan sekitar, dan Catin mempunyai sumbangsih terhadap kepedulian lingkungan, terutama wilayah Kec. Sungai Raya. Sihabuddin juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga akan berkelanjutan tidak berhenti pada hari ini saja, diharapkan kedepannya tanaman mangrove ini akan membawa dampak yang baik terutama bagi ekosistem pantai.

Setelah seremonial acara, dilanjutkan dengan serah terima bibit mangrove kepada Kepala KUA/Balai Nikah Kec. Sungai Duri dan dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove  bersama di sekitar pantai Pangsuma. Kegiatan penanaman mangrove ini diikuti oleh 10 pasang catin. (Akhzari)

Berita: