Kamis (28/9), Aula Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak nampak berbeda dari biasanya. Biasanya ramai pegawai berkumpul tapi tidak ada pulut kuning, tumpeng panggang ayam dan pokok telo’ . Namun. berbeda dengan hari ini , ramai pegawai berkumpul dan terlihat pulut kuning, tumpeng panggang ayam dan pokok telo’. Adanya pulut kuning, tumpeng panggang ayam dan pokok telo’ ini adalah dalam rangka memeriahkan acara Khataman Al-Qur’an yang digelar di Kantor Kemenag Kota Pontianak.

Sebagaimana diketahui sebelumnya dari Drs.H.Jawani, Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak dan Sunardi,SH,M.Si Kasubbag Tata Usaha bahwa pegawai muslim Kemenag Kota Pontianak akan melaksanakan khataman qur’an, karena sebelumnya secara rutin setiap hari kerja waktu ba’da ashar setiap PNS muslim membaca Al-Qur’an secara bersama-sama dan akan diselesaikan pembacaan tersebut pada hari kamis ini tanggal 28 September 2017.

Berkaitan dengan khataman tersebut banyak pihak yang berpatisipasi, ada yang melibatkan diri dikepanitiaan, diseksi acara dan ada juga yang melibatkan diri dengan cara menyumbangkan pulut kuning, tumpeng panggang ayam dan pokok telo’. Semua partisipasi tersebut dalam rangka memeriahkan dan mensukseskan kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kemenag Kota Pontinak.

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia,  diketahui bahwa yang ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan makanan tersebut tersebut adalah sebagai berikut, tumpeng panggang ayam berasal dari sumbangan Kasubbag T.U, para Kasi Muslim, KUA Pontianak Tenggara dan pengawas madrasah/sekolah. Pulut kuning berasal dari KUA Pontianak Barat, KUA Pontianak Selatan, KUA Pontianak Timur dan MAN 2 Pontianak.

Pokok telo’ merupakan sumbangan dari MAN 1 Pontianak, MTs Negeri 1, MTs Negeri 2, MIN Paal Lima, MIN Bangka Belitung, MIN Teladan Pontianak. Semua makanan tersebut disantap bersama-sama setelah acara khataman qur’an dan baca do’a yang dipimpin oleh Busroh selesai. Terlihat para pegawai muslim maupun non muslim secara bersama-sama menikmati pulut kuning dan tumpeng dengan panggang ayamnya. Semoga semua partisipasi yang diberikan untuk memeriahkan khataman qur’an perdana tersebut mendapat ridha dan keberkahan dari Allah SWT. Amiin.(Gunawan_Ptk).

Berita: