Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains dan Madrasah (KSM) merupakan program kesiswaan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. AKSIOMA/KSM tidak hanya dilaksanakan di tingkat madrasah di daerah namun peserta terbaik dari masing-masing daerah akan berkompetisi di tingkat provinsi maupun nasional.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang melalui Seksi Pendidikan Islam mengutus siswa/i terbaik hasil seleksi di tingkat kabupaten untuk mengikuti gelaran AKSIOMA/KSM di tingkat provinsi yang dipusatkan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalbar dari tanggal 23-24 Mei 2017.

Untuk AKSIOMA, dihari pertama (Selasa, 23/05), kontingen Bengkayang mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Dari beberapa cabang lomba yang diikuti, bisa dipastikan berhasil meraih 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Kedua medali tersebut diperoleh dari cabang olahraga yaitu tenis meja MA putri dan bulutangkis MA putri. Selanjutnya, dihari penutupan (Rabu, 24/05), cabang seni MTQ MTs putri berhasil mendapatkan medali perak. KSM untuk tahun ini belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Alhamdulillah, patut disyukuri dan dibanggakan, dibeberapa cabang seni dan olahraga pada AKSIOMA kita masih mendapatkan medali. 1 medali perak dan 1 medali perunggu, kedua medali tersebut diperoleh dari cabang olahraga yaitu tenis meja putri dan bulutangkis putri. Untuk cabang seni MTQ MTs putri kita berhasil mendapatkan medali perak. Sayangnya, KSM tahun ini kita tidak seberuntung seperti tahun lalu,” ujar Ketua Kontingen Uyung Yuliza, S.Pd.I. (sesep/bky)