Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam yang di dalamnya terdapat kewajiban melaksanakan ibadah puasa. Tidak hanya itu di bulan ini juga dianjurkan di dalamnya untuk menjalin silahturrahmi dan memperbanyak amal ibadah karena setiap amalan yang dilakukan oleh kaum Muslimin di bulan ini dilipat gandakan puluhan kali bahkan Allah SWT menempatkan satu malam di bulan Ramadhan yang pahala amal ibadahnya sama dengan 1000 bulan maka barangsiapa yang melaksanakan kebaikan yang banyak dan menjaga silahturrahmi antar sesama maka beruntunglah dia.

Momentum inilah yang dilihat dan ingin dimaksimalkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan bersilahturrahmi ke Kabupaten dan Kota yang menjadi wilayah adminstrasinya dengan Pemerintah Daerah bertindak selaku tuan rumah. Berbagai instansi yang berkedudukan di Provinsi Kalimantan Barat turut serta dan aktif dalam kegiatan sosial keagamaan ini dengan memberikan bantuan baik moril maupun tenaga bagi terselenggaranya acara yang dapat mempersatukan umat ini. Termasuk di dalamnya Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang ikut ambil bagian dalam berbagi kasih dan keberkahan dengan memberikan bantuan berupa 15 eksemplar Al-Qur’an di Kabupaten Bengkayang.

Silahturrahmi Ramadhan Kabupaten Bengakayang ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kabupaten Bengkayang yang berada di kompleks perkantoran Kabupaten Bengkayang pada hari Kamis, 24 mei 2018 dari pukul 16.00 WIB – hingga azan maghrib tiba. Hadir dalam kesempatan PLT. Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Dodi Riyadmaji yang juga memberikan sambutan akan pentingnya merajut kebersamaan tidak hanya sesama umat Islam namun juga antara masyarakat dan pemerintah serta umat yang berbeda agama bahkan dalam ruang lingkup yang paling kecil yaitu antara sesama tetangga dalam kehidupan sehari-hari.

Memanfaatkan bulan kebaikan Ramadhan ini Dodi Riyadmaji mengajak kepada seluruh hadirin untuk bersegera berbuat kebaikan dan menjaga ikatan ukhuwwah yang sudah berjalin sangat baik sekali di Kabupaten Bengkayang. Serta tidak lupa juga Dodi Riyadmaji untuk menjauhi hal-hal yang melanggar tata tertib terutama di Bulan Ramadhan ini. “Kepada para anak-anak muda ini saya ingatkan agar tidak melakukan aksi kebut-kebutan di jalan raya ketika pada pagi hari. Karena tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain,” tegasnya. Menurutnya waktu luang di pagi hari hendaknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat yang menambah pahala dan ilmu pengetahuan seperti kegiatan mengaji Al-Qur’an bersama dan Kuliah Subuh.

Kegiatan Silahturrahmi Ramadhan juga diisi dengan bantuan sebagai jalinan kasih antara Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bengkayang berupa berbagai bantuan kepada masyarakat tak luput juga Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Pelayanan Haji dan Umroh H. Mi’rad, S.Ag yang memberikan bantuan berupa Al-Qur’an yang diterima secara simbolis oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Syarif Machmud, S.H.

Selain itu kegiatan dengan tausiyah diniyah yang disampaikan oleh Ustadz Antoni Salman dengan gayanya yang santai serta kocak sanggup menghidupkan suasana menjadi gembira namun tetap fokus dan semangat untuk mendengarkan penyampaian taujihah pentingnya bulan Ramadhan olehnya. Antoni Salman mengungkapkan bulan puasa ini bukan hanya kesabaran dalam menahan rasa lapar dan dahaga yang diuji namun juga kesabaran dalam menata emosi dan selalu berpikiran jernih. Hal ini sangat berguna sekali terutama dalam mencerna informasi yang beredar dalam kehidupan bermasyarakat saat ini di mana banyak berita HOAX dan informasi yang tidak mengandung substansi yang mendidik dan terbukti benar.

Acara di tutup dengan doa dan buka bersama yang dipimpin oleh Ustadz Antoni Salman sebagai tanda para hadirin dapat menyatap sajian yang telah disediakan. @sangadah/humas