Sambas – Selasa (07/06) Seluruh Kepala KUA Kab.Sambas Mengikuti Rakor Sosialisasi dan Registrasi E-Monev yang di adakan oleh Tim Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Kalimantan Barat di Gedung Pertemuan Kementerian Agama Kabupaten Sambas .

Rakor dibuka oleh Kasi Bimas Islam dan Sebagai PLT Kepakla Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas  Drs. H. Karlan yang terlebih dahulu memberikan pengantar dan arahan singkat, kemudian Beliau berpesan kepada para Kepala KUA agar melaksanakan tugas dan fungsi sebaik mungkin. Mengingat setiap bulan kantor Kementerian Agama Sambas rutin dan tepat waktu dalam mencairkan operasional KUA, maka beliau sangat berharap laporan pertanggung jawabannya juga cepat dan tepat waktu, jadi seimbang antara hak dan kewajiban.

Kembali  mengingatkan agar laporan kinerja harian jangan sampai dilupakan karena itu merupakan syarat wajib dalam pencairan tunjangan kinerja, bahkan dengan tegas beliau mengatakan siapa yang terlambat dalam menyerahkan laporan kinerja, maka dapat dipastikan tunjangan kinerjanya pun akan terlambat juga, bisa jadi hingga ke bulan berikutnya. Beliau juga berharap agar peserta rakor yang hadir agar dapat menyimak apa yang akan disampaikan oleh tim Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar ini.

Setelah PLT kepala kantor Kementerian Agama Sambas usai menyampaikan arahannya maka selanjutnya adalah sosialisasi aplikasi dasbor e-monev KUA yang disampaikan oleh Kasi Pemberdayaan KUA Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Aris Sujarwono, MH bersama pengelola Adminstrasi dan dokumentasi M. Mirza Idrab. Sebelum memulai pengenalan aplikasi terlebih dahulu Aris menyampaikan perkenalan singkat dan memberikan informasi baru serta perubahan struktur di jajaran Ditjen Bimas Islam Kemenag saat ini. KUA yang dulunya dibawah Direktorat Urais, kedepannya ada dibawah Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah yang dipimpin oleh Dr. H. Mohsen, MA. Selain menyampaikan sosialisasi dasbor aplikasi e-monev kehadiran Tim Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat ini juga memantau pra pembangunan KUA baru SBSN tahun 2017.

Aris dan Mirza secara bergantian dan saling mengisi dalam penyampaian materi sosialisasi sekaligus registrasi aplikasi e-monev KUA ini, yang mana aplikasi dasbor e-monev KUA ini tujuannya adalah penyentralan data yang mana data tersebut akan memudahkan dalam perhitungan secara nasional dan sarana dalam kebijakan dalam pengambilan keputusan secara komprehensif. Selain memperkenalkan aplikasi, Aris dan Mirza juga memandu para kepala KUA yang hadir dalam pengisian data yang diperlukan. Aplikasi yang telah ada di google playstore ini dapat diunduh secara gratis, dan pengoperasian aplikasinya pun cukup mudah. Penginputan datapun cukup mudah dan dapat dilakukan di smartphone masing-masing, crosscheck data dan approve langsung dilakukan oleh Mirza, yang mana mirza merupakan admin aplikasi ditingkat kanwil. Ada beberapa kepala KUA yang tidak hadir, namun sementara diambil alih oleh Kasi Bimas Islam dalam pengisian serta membuat email yang bersangkutan.

Aris berharap dengan aplikasi ini, serta data-data yang valid kebijakan pusat pada tahun ini dan tahun mendatang untuk Kalimantan barat akan mengalami kemajuan yang berarti dan berkembang secara signifikan khususnya untuk KUA. Namun harus diikuti oleh pengisian data dengan baik dan juga tepat. (HNK Humas Kemenag_Sambas)

Berita: