Sekitar 100 peserta hadir dalam upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke 72 bertemakan "Tebarkan Kedamaian" di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya, Rabu (3/1/2018) pagi.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Kubu Raya, Hermanus yang sekaligus mengambil posisi sebagai pembina upacara.

Selesai upacara dilanjutkan ramah tamah yang mengambil posisi di dalam Kantor Kemenag Kubu Raya. Acara ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Suj’ai. Laporan panitia HAB dibawakan oleh Ketua Panitia Penyelenggara, Nana Kusnadi mengatakan, sebelumnya acara juga diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan, satu diantaranya adalah dengan berkunjung ke sejumlah Panti Jompo untuk memberikan bantuan.

"Kemudian bhakti sosial ke tempat-tempat ibadah, tidak hanya masjid, tapi juga gereja, pura, kelenteng semuanya. Sekaligus juga kita memberikan sumbangan," katanya.

Secara internal, Kementerian Agama Kubu Raya juga menggelar berbagai macam pertandingan olahraga, antara lain Futsal, Volly Mix, dan Tenis Meja Beregu.

"Ada juga gerak jalan santai kerukunan yang melibatkan seluruh umat beragama serta tokoh masyarakat, ada juga donor darah bekerjasama dengan PMI," ujarnya. Semoga semua kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, tutupnya.

Kepala Kantor Drs. H. Ja’far A dalam sambutan dan arahannya mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan dihari jadi Kelahiran Kementerian Agama yang ke 72 ini dirasa cukup tua yang mana selisih umurnya dengan Republik ini hanya enam bulan saja. Tempat kantor kita bernaung ini disini kita mencari rejeki dan mengabdi memberi makan keluarga kita, bersedekah, naik haji dan hal lainnya melalui insitusi yang kita cintai ini.

Kementerian ini mengurusi umat beragama, kita tidak mencampuri hanya mengawasi/mengontrol jika terjadi masalah-masalah, katanya tegas.

Mari kita tambah bersyukur di usia Kementerian Agama yang ke-72 ini. Tambah wibawa dan bermakna kehadiran kita di masyarakat dengan hanya satu yaitu bersyukur. Pada HAB kali ini kita lebih kompak. Mari kita beri tepuk tangan untuk Kementerian Agama yang disambut tepuk tangan dari yang hadir. Ini bukti kerjasama kita sehingga acara ini bisa sukses, ujarnya mengapresiasi.

Kemudian beliau menceritakan pengalaman selama berkarier di Kementerian Agama. Bagi yang muda kerja ikhlas tanpa pamrih dalam rangka ridhoi Allah maka anda akan bahagia. Bekerja dengan baik dan gantungkan harapan hanya pada TUHAN, pesannya.

Inti pada HAB ini menebarkan kedamaian suatu tema yang kita yakini, dimana dimulai dulu dalam lingkungan terkecil yaitu rumah tangga kita masing-masing. Damai di keluarga kita bawa damai ke kantor. Jadikan hari ini momentum membuka lembaran baru dan jadikan kantor ini tempat perdamaian. Mantapkan pelayanan dan prestasi dalam kinerja. Moral harus terjaga karena kita pengawal moral bangsa. Untuk grup Whatsapp yang bersifat internal dan dibaca oleh semua ASN Kemenag Kubu Raya yang memiliki latar belakang agama yang berbeda-beda ari kita isi dengan kata-kata yang membangun, mendorong dan memotivasi, pintanya menutup.

Acara lalu dilanjutkan dengan penyerahan DIPA pada masing-masing satker kepada pimpinan satker. Setelah itu penyerahan piagam penghargaan untuk siswa/i berprestasi yang berada di madrasah dan pondok pesantren. Semua ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Drs. H. Ja’far A.

Ramah tamah ini akhirnya ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Abu Bakar, S.Ag. Acara terakhir yaitu penyerahan hadiah pemenag lomba pertandingan olahraga. (Bond/KKR)    

Berita: