Rapat Evaluasi Realisasi anggaran Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang Tahun 2016 dan Rencana Penyusunan Anggaran Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Maret 2017 di Hotel Bagos Jl. Dharma Putra Sintang. Rapat yang diikuti sebanyak 35 orang peserta dan dihadiri oleh seluruh Bendahara Pengeluaran , Kepala Seksi dan Kepala KUA Se-Kabupaten Sintang. Pada kesempatan tersebut, peserta dapat melaporkan realisasi anggaran serta mengevaluasi kendala-kendala di setiap satker masing-masing.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah diantaranya yaitu mempercepat proses revisi DIPA/RKAKL pada masing-masing satker, meningkatkan jumlah serapan anggaran, meniadakan pungutan liar (pungli) dalam pengelolaan PNBP, sertifikat wakaf tanah KUA, meningkatkan kualitas sistem pengendalian internal (SPI) dan seluruh elemen di Lingkungan Kankemenag Kab. Sintang dapat bersinergi bersama merealisasikan seluruh rumusan hasil rapat kerja tersebut, terutama untuk mengembalikan opini WTP pada laporan keuangan Kementerian Agama tahun 2017.

Untuk itu perlu dibangun satu sistem aplikasi yang dapat menyediakan data dan informasi yang bisa update setiap saat sebagai media perantara untuk dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam proses penyusunan anggaran, sehingga nanti kita dapat memperoleh predikat Zero Error pada saat penyusunan anggaran dan ke depan tidak ada lagi Satker yang merasa dirugikan karena kesalahan dalam penyusunan anggaran, salah memberikan data dan informasi yang mengakibatkan kurangnya ketersediaan anggaran, seperti beberapa kasus yang terjadi, sejumlah Satker tidak dapat membayar tunjangan sertifikasi guru karena input data yang diberikan tidak sesuai dengan data lapangan.

Kegiatan Rapat Evaluasi Realisasi Anggaran Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang Tahun 2016 dan Rencana Penyusunan Anggaran Tahun 2018 dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang Drs. H./ Abd. Aziz AL sekitar dam 08. 30 WIB dan dihadiri juga oleh Nara Sumber yaitu Drs. Tukiman, M. Si dari Perencanaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Beliau membawakan materi Lanjutan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran 2016 dan Penyusunan Anggaran 2018 dan Bapak Ibnu Pujiono, A. Md dari KPPN Sintang dengan menyampaikan materi Mekanisme Pelaksanaan Anggaran dan Pelaporan Tahun 2017.

Adapun Anggaran Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang Tahun 2016 berjumlah Rp. 44. 123.256.000,- dan yang berhasil direalisasikan berjumlah Rp. 43.344.652.000,- atau 98% dari 6 satker yang ada di Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama kab. Sintang Drs. H. Abd. Aziz Al menyampaikan bahwa Kementerian Agama menjadi lembaga ketiga yang memiliki anggaran terbesar. Dalam hal ini, kementerian agama, dan juga madrasah sering mengalami gangguan dalam laporan keuangan karena beberapa data tidak diinput dan kegiatan yang demikian ini sudah seharusnya selalu diadakan sekurang-kurangnya setahun sekali. Hal ini dikarenakan banyaknya perkembangan dan perubahan yang selalu terjadi yang berkenaan dengan tugas pengelola keuangan, baik dari segi peraturan, apliikasi ,kebijakan dan lain sebagainya. "Berbicara masalah anggaran tentu paling tidak ada beberapa hal yang harus kita lakukan , diantaranya bagaimana kita bisa menata, mendistribusikan, dan mempertanggung jawabkan anggaran yang telah diberikan kepada kita, dan sebgai seorang pengelola anggaran jangan pernah berhenti belajar, karena banyak perubahan sistem dari tahun ke tahun," jelas beliau. ( akil )

Berita: