SINGKAWANG. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Singkawang menggelar Rapat Koordinasi pada Rabu (20/9) di Kantin Bendahre Jalan Merdeka Kelurahan Melayu Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang.

Rakor yang dilaksanakan ini dihadiri oleh 21 peserta terdiri dari 2 orang staf FKUB, 2 orang wartawan TV Antara, Plh. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Azhari,MSi, perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Singkawang Drs.Hamdani, Ketua PHBI Kota Singkawang H.Ruslan Karim serta 15 orang pengurus FKUB kota Singkawang.

Kegiatan rakor yang dimulai pada pukul 15.00 WIB ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta. Ketua FKUB menjelaskan bahwa agenda rakor antara lain; 1. Menyampaikan program rencana kegiatan studi banding FKUB ke Kota Salatiga, Jawa Tengah pada bulan Nopember 2017; 2. Pengukuhan Kelurahan Sadar Rukun Sijangkung di Kecamatan Singkawang Selatan pada bulan Oktober 2017; 3. Mendukung peliputan TV Antara tentang KUB Kota Singkawang sejak tanggal 20 sd 23 September 2017 di Kota Singkawang.

Pada kesempatan yang sama, Laura wartawan TV Antara Jakarta menjelaskan bahwa kedatangan mereka ke Kota Singkawang dalam rangka meliput keberagaman agama yang ada di Kota Singkawang dalam kehidupan masyarakat yang rukun dan toleran sehingga mendapat predikat Kota Toleran Terbaik Nasional berdasarkan survey SETARA Institute. Laura mengharapkan dukungan Tokoh Agama yang hadir dalam mengumpulkan informasi serta meliput kegiatan pawai Akbar Memperingati Tahun Baru Islam 1439 H serta kegiatan ibadah pada agama lain seperti Buddha, Konghucu, Kristen dan Katolik.

Sementara itu Plh. Kakan Kementerian Agama kota Singkawang H.Azhari.Msi menjelaskan bahwa Kerukunan umat beragama Kota Singkawang yang mendapat predikat Kota Toleran Terbaik Nasional patut diapresiasi sehingga kota Singkawang menjadi tujuan kunjungan kerja FKUB Provinsi maupun kabupaten/kota lain di Indonesia. Untuk itu ia menghimbau seluruh masyarakat untuk terus menjaga dan mempertahankan kerukunan yang telah terbina dengan baik di Kota Singkawang.

Diakhir kegiatan rakor ketua FKUB mengingatkan agar seluruh pengurus FKUB hadir dalam acara pembukaan dan melepas pawai Akbar Memperingati Tahun Baru Islam 1439 H serta menekan anggotanya agar tetap solid dalam menjaga kebhinnekaan dalam kerangka NKRI, serta mewaspadai bahaya laten komunis dalam berbagai bentuk dan wujudnya. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta yang hadir dengan meneriakkan yel yel “SINGKAWANG RUKUN, PASTI KE SINGKAWANG !”. (Jaka)

Berita: