Sintang _ Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang Drs. H. Abd. Aziz AL membuka Kegiatan Pertemuan Pemuka Agama Kristen dan Penyuluh Agama Kristen Non PNS Kabupaten Sintang Tahun 2017. Kegiatan berlangsung selama 1 hari yaitu Rabu tanggal Maret 2017, kegiatannya dipusatkan di Hotel Bagoes Jl. Dharma Putra Sintang dengan jumlah peserta. Sebanyak 30orang yang mewakili seluruh pemuka Agama Kristen di wilayah Kabupaten Sintang, dan 3orang panitia.

Pemuka Agama Kristen mempunyai peran yang sangat strategis dalam menciptakan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai pilar pembawa panji perdamaian dan penerang bagi dunia di sekelilingnya sehingga kehidupan beragama di lingkungan masyarakat dapat terjalin dengan baik tanpa adanya geseka-gesekan. Demikian juga di tengah masyarakat yang majemuk pemuka agama memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kerukunan dan membangun karakteristik bangsa. Sebagai tokoh yang sentral dengan kharisma yang dimiliki tentu menjadi mangnit bagi masyarakat untuk bersama-sama dapat mengendalikan tingkat moralitas yang semakin tidak memiliki arahdan tujuan.

Maka penyelenggara Kristen dalam program / rencana tahunan tahun 2017salah satunya adalah mengadakan Pertemuan Pemuka Agama Kristen dengan harapan Pemuka Agama Kristen dapat meningkatkan perannya dalam upaya menciptakan dan memelihara kerukunan hidup intern umat kristen dan umat beragama.

Adapun tujuan dilaksanaknnya kegiatan ini adalah Agar peserta dapat memahami Kebijakan Kementerian Agama Tentang Kerukunan Umat Beragama, Agar peserta dapat memahami Persfektif Pemuka Agama Dalam Pengelolaan Adminsitrasi Gereja, Agar peserta dapat memahami PeranPemuka Agama Dalam Kerukunan Umat Beragama.Dan hasil yang diharapkan adalah Terpahaminya Kebijakan Kementerian Agama Tentang Kerukunan Umat Beragama, Terpahaminya Persfektif Pemuka Agama Dalam Pengelolaan Administrasi Gereja, Terpahaminya PeranPemuka Agama Dalam Kerukunan Umat Beragama.

Dalam Pelaksanaan Kegiatan yang digelar oleh Penyelenggara Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2017.Materi yang disampaikan pada kegiatan Pertemuan Pemuka Agama Kristen ini adalah.

  • Kebijakan Kementerian Agama Tentang Kerukunan Umat Beragama.

Oleh : Pembimas Kristen Propinsi Kalimantan Barat

  • Persfektif Pemuka Agama Dalam Pengelolaan Administrasi Gereja.

Oleh : Ketua Persekutuan Gereja Indonesia (PGIW) Sintang

  • PeranPemuka Agama Dalam Kerukunan Umat Beragama.

Oleh : Daud Neno, M.Pd.K Ketua Pergakri Kab. Sintang.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang dalam sambutannya menyampaikan hendaknya kegiatan seperti ini seharusnya setiap tahun harus dilaksanakan karena dapat menjalin komunikasi untuk membangun kasih sayang diantara sesama. Selain itu juga peran tokoh agama sangat menentukan terwujudnya toleransi intern umat beragama dan toleransi antar umat beragama dalam rangka membangun persatuan menuju Indonesia bersatu. "Dengan diadakannya kegiatan seperti ini dapat membawa spirit yang mudah mudahan bisa menginspirasi kita menjalankan peran kita sebagai tokoh agama agar dapat berbuat lebih optimal lagi dalam rangka membina umat," ujarnya. ( akil )

Berita: