Sintang (Inmas). Bertempat Gedung PGRI Sintang dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag.  Sabtu (10/02).

Hadir dalam pembukaan tersebut Ketua Pengurus Koperasi Ikhlas, H. Anang Nurkhalis, SE,. S. HI, Kepala  Kantor Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, H. Sudirman, S. Sos,. M. Si, Pengurus Koperasi Ikhlas Kabupaten Sintang, Badan Pengawas dan anggota serta seluruh anggotanya

H. Anang Nurkhalis, SE,.S. HI dalam Laporannya, menyampaikan bahwa RAT merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam sebuah Koperasi dan juga amanah dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Maksud dan tujuannya adalah  mempertanggungjawabkan, mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, untuk mendapat tanggapan usul saran dari anggota sebagai catatan kristis, agar diperhatikan dalam pelaksanaan program kerja tahun buku selanjutnya

Beliau juga menyampaikan bahwa sampai dengan Akhir Desember 2017 anggota Koperasi Ikhlas berjumlah 541 orang, Jumlah aset sampai 31 desember 2017 berjumlah Rp.10.700.221.625,70,- (Sepuluh Milyar Tujuh Ratus Juta Dua ratus Dua Puluh Satu Ribu Enam Ratus Dua Puluh Lima Rupiah Tujuh Puluh Sen ) dan untuk Tahun Buku 2017 mengalami Kenaikan sebesar 10,60 % atau berjumlah Rp. 1.107.631.630,64 ,- dari tahun sebelumnya.

Dan ucapan terima kasih beliau sampaikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag yang telah memberikan Pembinaan kepada seluruh anggota Koperasi, serta ucapan terima kasih kepada Kepada Kantor DISPERINDAGKOP dan UKM yang telah membina Koperasi ikhlas sehingga menjadi seperti sekarang ini yang pada tahun 2016 yang lalu mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten sintang sebagai Koperasi Terbaik Se- Kabupaten Sintang juga kepada seluruh Badan Pengawas serta anggota yang selalu setia dan taat akan kewajibannya terhadap Koperasi untuk menyetorkan Simpanan wajib dan angsuran pinjaman bagi anggota yang memiliki pinjaman.untuk RAT Tahun ini selain disediakan Doorprize seluruh anggota yang hadir akan diberikan uang sebesar Rp. 100.000,- dan sebuah payung ungkap anang.

Diakhir laporannya Ketua Koperasi Ikhlas H. Anang Nurkhalis menyampaikan pantun “ Jika Hendak Bermain Bola, Segera turun Ikut Bergabung, Doorprize yang ada didepan kita, Silahkan Bapak dan Ibu Bawa Jika Beruntung.

Kepala Disperindagkop dan UKM H. Sudirman, S. Sos,. M. Si dalam sambutannya menyatakan RAT Merupakan suatu keharusan dan kewajiban bagi Koperasi yang sudah berbadan Hukum, dan Koperasi Ikhlas adalah Koperasi yang ke-8 dikabupaten Sintang yang melaksanakan RAT, karena di Kab. Sintang ada sekitar 263 Koperasi, namun dari sekian banyak koperasi di kabupaten Sintang ada sekitar 108 Koperasi yang dinyatakan tidak Sehat karena tidak pernah melaksanakan kewajibannya salah satunya adalah RAT, Koperasi dikatakan sehat manakala sistem manajemennya ditata secara baik, dan melaksanakan RAT tepat waktu. Dengan demikian maka jika dilihat dari laporan pertanggungjawaban pengurus dan waktu pelaksanaan RAT, maka Koperasi Ikhlas dinilai Sehat. Ditambahkan bahwa, untuk penambahan modal usaha, tidak hanya berharap dari simpanan anggota saja, tetapi perlu dicari terobosan dan kedepannya beliau mengharapkan Koperasi Ikhlas ini bisa berkembang lagi dengan cara menciptakan peluang-peluang usaha yang lain.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian  Agama Kabuapeten Sintang yang juga selaku Pembina koperasi Ikhlas menyampaikan bererapa hal; supaya RAT membicarakan tentang program-program pengembangan Koperasi ke depan. Sepakati program-program yang wajar, sehingga dapat terlaksana dan berjalan dengan baik, dan bagaimana caranya agara Koperasi ini dapat mensejahterkan seluruh anggotanya, ungkapnya

Acara Pembukaan RAT Koperasi Ikhlas Tahun Buku 2017 ditutup dengan Penyerahan Bingkisan kepada 4 orang anggota Koperasi ikhlas yang aktif melakukan transaksi pinjaman serta aktif dalam melakukan kewajibannya dan dilanjutkan dengan pembacaan Do’a yang disampaikan oleh H. Imam Barnawi, S. Pd. I (akil, Sintang)

Berita: