Mendadak Sintang menjadi Kabupaten terpadat jalanan rayanya pada hari Sabtu (24/3) seluruh warganya turun semua ke jalanan termasuk di antaranya anak-anak sekolahan juga berdiri rapi tertib di tepi jalanan. Tidak cukup sampai di situ terlihat juga terjadi penumpukan kendaraaan yang mencapai ratusan unit di Kantor Bupati Sintang. Namun keramaian ini bukanlah demo masyarakat Kabupaten Sintang kepada Bupati dr. H.Jarot Winarno, M.Med.Ph namun ini adalah seremonial dalam rangka pembukaan MTQ XXIII di Kabupaten Sintang yang diadakan pada malam minnggu waktu setempat.

Kendaraan-kendaraan yang berjejer rapi di depan Kantor Bupati Sintang bukan kendaraan biasa namun merupakan kendaraaan hias dengan berbagai warna dan jenis. Ada yang berbentuk perahu, masjid dan berbagai rupa lainnya. Tidak hanya itu di atas kendaraan tersebut terdapat pasukan pemeriah yang mendendangkan nasyid dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kesemuanya ini ada dalam rangka Pawai Ta’aruf MTQ XXIII Kabupaten Sintang.

Pawai Ta’aruf sendiri merupakan acara pembuka sebegai sarana perkenalan kafilah-kafilah utusan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sintang. Dengan begitu masyarkat dapat mengenali para kontingen peserta MTQ XXIII ini. Selain itu masyarakat sangat tertarik dengan pawai ta’aruf ini karena kendaraan hias serta lantunan sholawat menciptkan suatu kemeriahan tersendiri dan memancing animo yang besar dari masyarakat.

Pawai Ta’aruf MTQ XXIII Kabupaten Sintang dibuka langsung oleh Bupati Sintang dr. H.Jarot Winarno, M.Med.Ph di halaman Pendopo Bupati Sintang. Peserta Pawai Ta’ruf merupakan utusan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang serta majelis-majelis ta’lim yang di Kabupaten Sintang dan juga utusan dari beberapa Ormas dan Dinas yang ada di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sintang serta turut juga dalam rombongan Pawai Ta’ruf perwakilan dari masjid-masjid di Sintang. Kesemuannya itu merupakan bagian dari syi’ar untuk mengenalkan dan mengagungkan kalimah suci Al-Qur’an di bumi Sintang. @luthfi/humas

Berita: