Putussibau – Kapuas Hulu, Rekrutmen Petugas Haji tahun 1441 H / 2020 M yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (04/02/2020) yang dihadiri Kasubag TU H.A.M Abdurrakhman dan Pengawas dari Kanwil Kemenag Kalbar H.  Joko Winardi, S.Pd. MPd.

Ketua Panitia pelaksanaan Rekrutmen Petugas Haji, H. Suryadi, S.Ag, MM mengatakan pelaksanaan seleksi saat ini serentak seluruh Indonesia pada pukul 09.00 WIB. Berbeda dengan tahun lalu seleksi ditingkat Kantor Kemenag Kab/Kota yang menggunakan sistem manual (tertulis) tahun ini sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) agar proses seleksi lebih transparan , objektif dan akuntabel. Ia juga mengatakan sebanyak empat orang peserta yang mengikuti seleksi sebagai PPIH Ketua Kloter. Nantinya peserta yang nilai tertinggi akan mengikuti seleksi di Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar tanggal 13 Februari 2020 mendatang.

Kasubag TU mengatakan menjadi petugas haji merupakan panggilan Allah, apabila tidak lulus seleksi jangan berkecil hati terima dengan keikhlasan. Beliau juga mengharapkan kepada peserta untuk teliti dalam menjawab soal mudah – mudahan ada perwakilan dari Kantor Kemenag Kapuas Hulu yang menjadi PPIH Ketua Kloter musim haji 1441 H / 2020 M.

Pengawas Kanwil Kemenag Kalbar H. Joko Winardi, S.Pd, M.Pd juga mengatakan kehadirannya selain untuk mengawasi pelaksanaan seleksi tetapi juga untuk segera mengambil langkah – langkah apabila pada saat pelaksanaan seleksi terjadi kesalahan teknis seperti sinyal internet tidak ada atau mati semua. "Dikarenakan pelaksanaannya serentak secara nasional se Indonesia hal yang mungkin terjadi seperti loadingnya agak lambat diharapkan kepada peserta untuk sabar," ujarnya.