Rekrumetmen petugas haji yang digelar oleh Kemenag Kubu Raya, untuk petugas kloter dan non kloter berjumlah 13 orang, terdiri dari TPHI empat orang, TPIHI tujuh orang dan PPIH dua orang. Tes ini dilaksanakan di MIS Imanuddin Sungai Raya Lantai 2, kamis(29/3/2018). Tim pengawas dari  Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah H. Joko Winardi, M.Pd, dengan menyerahkan soal dalam kondisi tersegel langsung kepada Kepala Kantor Drs. H. Ja’far A kemudian dilanjutkan penyerahan soal  ke panitia penyelenggara Kabupaten Kubu Raya disaksikan oleh  peserta ujian.

Kegiatan rekrutmen dibuka oleh kepala kantor Drs. H. Ja’far A dengan mengetuk mic tiga kali dan ucapan Bismillahirrahmanirrahim.

Seleksi  petugas haji  Kemenag Kubu Raya bukan hanya  dari kaum adam yang sempat ikut, tetapi kaum hawa juga ikut serta dalam seleksi tersebut  yang dikhususkan untuk “Pelayanan Umum”. Sebelum pelaksanaan ujian tertulis, diawali pembacaan  tata tertib oleh Kasi PHU,  tidak ubahnya dengan ujian lain yang harus  tertib dan disiplin, dan waktu menyelesaikan soal “60 menit”.

Ja’far A dalam arahannya, rekrutmen haji ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Kabupaten sebagai seleksi tahap pertama, kemudian dilanjutkan ketingkat Provinsi  sebagai tahap akhir. Ia menyampaikan dalam seleksi petugas haji tiga hal penting yang harus dimiliki oleh seorang petugas, yakni “kompetensi  manejerial,  pendidikan agama dan ledearship”.

Kita ikuti tes ini dengan percaya diri. Untuk tes tahap kedua di tingkat Provinsi akan menggunakan sistem CAT, ungkapnya.

Bahagianya kami melihat jika ada petugas dari kubu raya yang dapat lulus petugas haji provinsi Kalimantan Barat, ini adalah kegemberian terbesar keluarga besar Kemenag Kubu Raya, harapnya. (Bond/KKR)

Berita: