BENGKAYANG_Jum’at (1/9) Begitu memasuki lapangan sisi kanan Kompi Yonif 641 Beruang Hitam Bengkayang, lantunan takbir, tahmid, dan tahlil telah berkumandang langsung terdengar jelas dan syahdu. Ada yang berbeda pada pelaksanaan Sholat Idul Adha kali ini, lantaran tempat sholat yang biasanya menggunakan lapangan sepak bola Kompi Yonif 641 Beruang Hitam Bengkayang, kini dipindahkan ke lapangan sisi kanan yang lebih kecil dari lapangan sepak bola, namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah ribuan umat Muslim dari semua penjuru di kota Bengkayang untuk mengikuti Sholat Idul Adha.

Sejak pagi hari terlihat ribuan muslimin dan muslimat kota Bengkayang perlahan mulai memadati lapangan Kompi Yonif 641 Beruang Hitam Bengkayang untuk melaksanakan sholat Idul Adha 1437 H. Demikian juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkayang, H. Mirad, S.Ag beserta keluarga yang ikut melaksanakan sholat Idul Adha di lapangan Kompi Yonif 641 Beruang Hitam Bengkayang, beliau menempati shof terdepan. Sholat Idul Adha dimulai pada pukul 07.00 Wib yang di-Imami oleh H. Mauludin.

Adapun yang bertindak sebagai khotib adalah Ust. H. Rusdan, Lc. Dalam khutbahnya Ust. Rusdan menyampaikan ajakan untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS yang kisahnya tertulis didalam Al Quran surah As Shaffat. Asal muasal perintah berkurban berasal dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS ini.

Selanjutnya khotib mengajak para jamaah agar menjadikan idul adha ini sebagai momentum untuk berbagi kebahagian kepada saudara seiman yang masih kurang beruntung dari segi ekonomi dan juga sebagai momentun untuk meningkatkan ibadah serta silaturahmi. Khotib juga berpesan agar sebagai umat yang meneladani Rasulullah SAW agar memperbaiki hubungan dengan keluarga dan kerabat dekat.

Diakhir khotbahnya khotib mendoakan agar kaum muslimin dan muslimat Bengkayang tetap menjaga persatuan dan persaudaraan. Selesai khotbah kaum muslimin dan muslimat jamaah sholat Idul Adha saling bermaaf-maafan dan saling bersalaman. (Akhzari)

Berita: