Menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1438 H/2017 M, ribuan umat muslim Sekadau mengikuti Pawai Ta'ruf di kawasan terminal Lawang Kuari, rabu (24/5/2017). Acara di selenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sekadau tersebut di mulai pukul 07.30 wib. Selain di ikuti ormas keagamaan juga mengikutsertakan para siswa SMU/MA, SMP/MTs, SD/MI. Bupati Sekadau Rupinus didampingi Wakil Bupati Aloysius, Ketua DPRD, Ketua MUI, Kepala Kemenag, Ormas Keagamaan berkesempatan melepas peserta pawai.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H.Darohman dalam sambutannya mengucapkan Selamat menyambut ramadhan 1438 H. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan marfirah penuh dengan ampunan. Dalam menyambut bulan ramadhan Ia mengajak umat muslim untuk berupaya mengkondisikan diri, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan Ketaqwaan kita kepada Allah SWT. 

Sebagaimana tujuan berpuasa sesuai firman Allah dalam Al-quran surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya "Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".

Dihadapan peserta pawai Darohman berpesan untuk menjaga nilai-nilai puasa dengan amalan-amalan yang baik dan menghindari perbuatan yang merusak kesempurnaan puasa. Berusaha membersihkan hati supaya terbebas dari penyakit hati. Melaksanakan shalat wajib berjamaah di masjid ataupun surau dan shalat sunnah tarawih. Mengadakan Tausiyah, Kultum serta memperbanyak membaca alquran.

Pada kesempatan tersebut Ia juga mengingatkan umat muslim untuk membayar zakat fitrah, zakat mal, berinfak, bersedekah baik lewat Baznas maupun UPZ. Berikutnya atas nama pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga ketenangan, ketertiban, keamanan serta menjaga toleransi kerukunan umat beragama, saling hormat menghormati baik yang berpuasa maupun tidak berpuasa.

Bagi para pengusaha rumah makan yang masih buka di kemas secara baik demi terciptanya ketertiban. Syukur-syukur selama bulan suci ramadhan ini dengan kesadaran sendiri beristirahat," tukasnya. (Humas-KemenagSKD)

Berita: