Pemerintah Daerah  dan  Kementerian Agama Kabupaten Sekadau melaksanakan Road show perdana safari Ramadhan di Kecamatan Belitang Hulu,senin (21/5/2018)sore. Memasuki awal Ramadhan 1439 H Safari ramadan yang rutin dilaksanakan setiap tahun dipusatkan di Gedung Pertemuan Umum Balai Sepuak. Berada di bagian utara dan berjarak 60 km dari kota Sekadau perjalanan ke Kecamatan Belitang Hulu harus menyebrangi sungai kapuas dengan ponton yang ditarik oleh kapal kecil. Rombongan Kemenag Sekadau melintas lebih dahulu dari rombongan pemkab.  Hal itu di karenakan perjalanan menuju ke Kecamatan Belitang Hulu tidaklah mudah.

Menggunakan mobil dinas kecilnya rombongan membelah jalan tanah kuning. Medan yang berat di beberapa titik kendaraan beberapa kali bergelut dengan lumpur untuk tiba di Balai Sepuak, ibu kota kecamatan Belitang Hulu. Perjalanan pulang tak kalah sama diiringi hujan lebat dan di hadang kendaraan  truk yang melintang di tengah jalan. Setelah melewati truk, mobil kemudian melanjutkan perjalanan pulang hingga sampai di kota sekadau Hilir.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Drs. H. Zakaria Umar, M. Si menuturkan, safari Ramadan di Kecamatan Belitang Hulu merupakan hari pertama safari ramadan untuk tahun ini. safari ramadan tersebut dilakukan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat. “Puasa harus menjadi penyemangat dan motivasi bagi masyarakat yang melaksanakannya,” ungkapnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan. Ia mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh terhadap isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita menjaga kerukunana antar umat beragama. Kami juga mengimbau masyarakat sebagai pengguna media sosial agar lebih bijak. Jangan menyebarkan informasi atau berita yang belum jelas kebenarannya,” pungkasnya.

Sementara Kepala Kemenag Sekadau H. Darohman, S.Ag.M.Si tampil sebagai penceramah. Pada Kesempatan itu pemkab juga menyerahkan bantuan yang di serahkan langsung oleh Sekda Sekadau kepada masyarakat. Sementara Kemenag Sekadau  memberikan bantuan berupa sajadah kepada masjid Nurul Hidayah Balai sepuak yang diterima oleh Kepala KUA Belitang Hulu Chairudin.

Safari Ramadhan 1439 H  dihadiri, Asisten I Setda Kabupaten Sekadau, SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H.Darohman, S. Ag. M.Si di dampingi Kasi Pendis Drs. Sunari dan Penyelenggara Haji Abdillah M, S.Pd.I, Camat beserta Forkopimka Belitang Hulu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sekadau H.M. Hasbi, SS,M.Si bersama anggotanya, tokoh agama, tokoh masyarakat serta umat muslim di Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu.(Andre)

Berita: