MEMPAWAH: Rabu (21/11/17) seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah menggunakan pakaian adat melayu telok belanga dan pakaian adat lainnya, dalam rangkaian acara budaya lokal Kabupaten Mempawah yaitu Robo’-Robo’ yang sudah menjadi kebiasaan warga Kabupaten Mempawah setiap hari rabu pada Bulan Safar.

Selain menggunakan pakaian adat khas melayu, kegiatan ini ini juga dirangkai dengan kegiatan makan bersama secara seprahan, sehingga membuat suasana penuh dengan kekeluargaan, setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan do’a dengan niat meminta pertolongan kepada Allah SWT, agar terhindar dari segala bahaya (bala’) dan dosa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah H. Kamaludin mengatakan bahwa kegiatan event Robo’-Robo’ yang menjadi adat tradisi kearifan lokal di Kabupaten Mempawah yang rutin dilaksanakan oleh seluruh masyarakat sebagian Kecamatan dengan tujuan terjalin silaturrahmi yang kuat, selain itu menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang berkunjung di kota Mempawah.

“Kedepannya saya berharap momen seperti ini harus kita lestarikan, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif, dimana kita diupayakan untuk menggunakan pakaian adat, makan secara seprahan, hal ini sangat jarang kita lakukan, apalagi hari-harinya kita selalu disibukkan dengan kegiatan serta aktifitas rutinitas, sehingga kita sulit untuk melakukan silaturrahmi secara kekeluargaan seperti saat ini”, ungkap H. Kamaludin. (Rudi_Mpw).

Berita: