JAGOI BABANG_Kamis (8/6)  Safari Ramadhan Bupati Bengkayang beserta rombongan kali ini berlokasi di Masjid Shirotul Jannah, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang. Masyarakat Jagoi Babang telah bersiap semenjak lepas sholat ashar telah bersiap menyambut kedatangan Bupati Bengkayang beserta rombongan. Safari Ramadhan Bupati Bengkayang kali ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan untuk Masjid. Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Mi’rad, S.Ag juga turut mendampingi Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, M.Pd.

Safari Ramadhan ini dihadiri juga oleh Jajaran yang mendampingi Bupati Bengkayang, Camat Jagoi Babang, Danramil Jagoi Babang, Kepala Desa,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat setempat dan Undangan lainnya serta kaum muslimin dan muslimat yang berada di Kecamatan Jagoi Babang.

Acara safari Ramadahan 1438 H ini diawali dengan ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Kepala KUA kecamatan Lumar, Imam Subakir, S.HI. Imam menyampaikan keistimewaan berpuasa dibulan Ramadhan, beserta dalil-dalil yang memperkuatnya. Selain itu Imam juga menyampaikan pentingnya menjaga kerukukan serta rasa toleransi yang tinggi ditengah keberagaman agama, suku, dan ras. Perbedaaan yang ada hendaknya jangan dijadikan sumber perpecahan. Perbedaaan yang ada dapat dijadikan media untuk saling mengenal satu dengan yang lainnya. Masyarakat juga dihimbau agar lebih bijak menggunakan medida sosial.

Setelah ceramah agama dilanjutkan laporan dari pengurus masjid Shirotul Jannah.  Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Masjid Baiturrahim Desa Sentabeng. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Bengkayang dan disaksikan oleh masyarakat Jagoi Babang.

Selanjutnya adalah sambutan dari dari Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, M.Pd yang mana Gidot mendahuluinya dengan mengucapkan selamat berpuasa kepada umat Muslim yang menjalaninya, khususnya yang berada di Kecamatan Jagoi Babang dan sekitarnya. Gidot mengharapkan agar pada bulan ramadhan kali ini agar masyarakat di Bengkayang dapat menjalaninya dengan kekhusyuan dan memperbanyak berbuat amal kebaikan, selain itu Gidot juga mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dan berpatisipasi dalam membangun daerah Bengkayang. Bupati yang pernah menjadi Guru ini ini juga menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai gerakan personal/kelompok yang ingin memecah belah kerukunan yang telah ada selama ini. “Jaga terus semangat saling hormat menghormati” ujar Bupati terpilih periode kedua ini.

Safari Ramadhan 1438 H/2017 M Bupati Bengkayang kali ini juga merupakan sarana silaturahmi dan bertatap muka Bupati Bengkayang kepada masyarakat Jagoi Babang dan sekitarnya. Setelah selesai sambutan diakhir dengan doa bersama dilanjutkan dengan buka puasa bersama. (Akhzari)

Berita: