Suasana Safari Ramadhan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Jum’at, 16 Juni 2017 di Masjid Al-Asyraf Pontianak berlangsung Hidmad dan lancar. Pelaksanaan Safari kali ini berbeda dengan sebelumya, karena program ini dirancang secara khusus oleh Kakanwil beserta Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf dan beberapa pejabat lainnya.

Kabid Penais Zawa Drs. H. Ramli M. Said, saat menghadiri acara Safari Ramadan tersebut menyatakan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan secara khusus sebagai bentuk kunjungan langsung Pejabat Kanwil Kementerian Agama Provinsi  Kalbar di Kabupaten dan Kota, terutama kepada masyarakat yang berada di lingkungan masijid setempat.

“Kunjungan Silaturrahim Ramadhan ini merupakan bagian dari program Kanwil Kemenag Kalbar untuk bertatap muka secara langsung dengan masyarakat dan jamaah masjid yang ada di Kabupaten dan Kota se Kalimantan Barat, walaupun tidak semua daerah dapat dikunjungi,” jelas Ramli M Said

Dalam kegiatan Safari tersebut, Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si yang didampingi oleh Kabid Penais dan Ketua Pokjaluh Kalbar Abd. Hay Bary S.Ag memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al-Asyraf  berupa Kitab Suci Al-Qur’an yang diterima langsung oleh Ta’mir Masjid nya yakni Dr. H. Usman A Gani, MT.

Selaku tuan rumah H. Usman A Gani menyambut baik program dari Kanwil Kemenag Kalbar yang telah menjadikan masjid Al-Asyraf sebagai salah satu masjid yang terpilih untuk penyelenggaraan Safari tahun ini.

“Selamat datang kami ucapkan kepada Kakanwil Kemenag Kalbar beserta rombongan yang telah berkunjung langsung dan bersilaturrahim dengan jemaah masjid Al-Asyraf, semoga pertemuan ini membawa manfaat dan bernilai ibadah dihadapan Alah SWT” jelas Usman Gani saat menyampaikan kata sambutan.

Pantauan Inmas Kanwil Kemenag Kalbar menuturkan bahwa kegiatan Safari Ramadhan kali ini dirangkai dengan kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an Masjid Al-Asyraf sekaligus acara Khatamul Qur’an bagi remaja dan jamaah Masjid yang bertadarusan selama bulan Ramadhan, sehingga kehidmatan suasana terlihat saat beberapa anggota remaja Masjid Al-Asyraf membaca Ayat suci Al-Quran pada acara tersebut.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang juga sebagai penceramah dalam acara Nuzulul Qur’an memberikan apresiasi kepada Ta’mir Masjid Al-asyraf beserta jajarannya, yang telah memfasilitasi kegiatan Safari Ramadhan dengan berbagai kegiatan setempat, sehingga tidak sedikit jamaah yang turut serta dalam acara tersebut.

Dalam taushiyahnya Syahrul Yadi mengajak seluruh umat islam untuk istiqamah dalam melaksanakan amalan agama serta mengisi aktifitas kehidupan yang sementara ini dengan amal  Shaeh, karena manusia hidup didunia ini ibarat seperti orang yang melakukan perjalanan dan singgah sebentar di dunia untuk menuju kehidupan yang kekal abadi yakni alam akhirat.

Selain itu beliau juga mengajak seluruh jamaah yang hadir dalam acara tersebut  untuk membiasakan diri membaca dan memahami kandungan Al-qur’an, karena inti ajaran agama Islam terdapat didalam Al-qur’an dan Hadis, sehingga menjadi keharusan bagi setiap muslim untuk mempelajari Al-Qur’an dan Assunnah. (Ir-Inmas)

Berita: