Pada hari ke 11 Ramadhan 1438 H Peleksanaan Safari Ramadhan Provinsi Kalimantan Barat di Pusatkan di Pendopo Bupati Mempawah Jl. Gusti Moh. Taufik Selasa, 6 Juni 2017, pelaksanaan kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari program safari dari Kanwil Kemenag Kalbar yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. Christiandy Sanjaya, MM yang didampingi oleh Bupati Kabupaten Mempawah Dr. H. Ria Norsan, MM, MH yang sudah menjabat dua periode yakni 2009-2013 dan 2013-2018 bersama wakilnya Gusti Ramlana.

Selain dihadiri oleh Tim Safari dari Pemerintah Provinsi Klaimantan Barat dan Penda Kab. Mempawah, hadir pula dalam acara tersebut Tim Safari Ramadhan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yakni Kabid Penais Zawa, Drs. H. Ramli M Said dan H. Ade Haryadi Ibrahim sebagai Kasi Penerangan dan Penyuluhan Agama Islam.

Pada acara tersebut Bupati Mempawah Dr. H. Ria Norsan, MM, MH selaku tuan rumah menyampaikan ungkapan selamat datang kepada seluruh undangan terutama kepada Tim Safari Provinsi Kalimantan Barat beserta rombongan yang telah hadir dalam acara tersebut. 

Selain itu Ria Norsan juga menyatakan bahwa safari ramadhan ini merupakan bagian dari kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah, , oleh karena itu pada kesempatan tersebut Beliau mengundang seluruh kepala dinas untuk mendengarkan arahan dari Gubernur Kalimantan Barat atau yang mewakili.

Usai sambutan dari pemerintah daerah acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan langsung dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat  berupa uang tunai kepada pengurus Masjid dan Bantuan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat, Penguatan Lembaga  Distribusi Pangan Masyarakat dan Pemberdayaan Pekarangan Pangan Tahap Penumbuhan dengan jumlah total ratusan juta rupiah.

Sedangkan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, hanya memberikan bantuan Wireless Amplifier 1 Unit kepada Salah satu Majelis Ta’lim di Kabupaten Mempawah.

Setelah menyerahkan bantuan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. Christiandy Sanjaya, MM menyampaikan sambutannya.  Dalam kesempatan tetsebut Wagub menyampaikan permohonan maaf  Gubernur yang tidak bisa hadir secara langsung pada safari kali ini. Beliau menyatakan bahwa tahun ini merupakan safari ramadhan terakhir sekaligius pamitan kepada seluruh masyarakat di Klaimantan Barat.

“Tahun ini adalah safari terakhir oleh karena itu atas nama gubernur Kalbar kami pamitan dan mohon maaf bila masa jabatan kami belum mampu memenuhi harapan masyarakat, secara pribadi saya tidak akan mencalonkan pada periode berikutnya” jelas Christiandy.

Pantauan Pelaksana dari subbag inmas menyatakan bahwa pelaksanaan Safari Ramadhan di Kabupaten Mempawah berjalan dengan tertib, hidmad, aman dan lancar. Kehidmatan acara tersebut trlihat saat Ketua FKUB Prov. Kalbar Dr. H. Wadjidi Sayadi, M.A menyampaikan taushiyah Ramadhan.  (Ir-Inmas).