Salah agenda tahunan Kementerian Agama Kab.Sintang yang dilaksanakan tiap bulan Ramadhan adalah melaksanakan kegiatan safari ramadhan, untuk Ramadhan Tahun 1439 H. Badan Pembina Rohani Islam ( BABINROHIS ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di 2 ( dua ) Kecamatan yaitu Kecamatan Dedai dan Kecamatan Binjai Hulu ,

Kegiatan safari Ramadhan ini dimaksudkan untuk menjalin silaturahim dengan masyarakat Kabupaten Sintang, khususnya masyarakat Desa Empaci. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama serta memupuk kebersamaan antara Kemenag Kab. Sintang dalam melakukan pembinaan kehidupan beragama secara terarah dan terpadu

Di Hari ke-3 di bulan Ramadhan 1439 H Tim safari ramadhan  dimulai dengan Kecamatan Dedai tepatnya di Masjid Al- Huda Desa Empaci, Tim Safari Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kab.Sintang yang di motori oleh Badan Pembinaan Rohani Islam ( BABINROHIS ) Sabtu malam mulai melakukan Kegiatan Safari Ramadhan, rombongan berkumpul di Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang, dan sekitar Jam 16.00 WIB rombongan berangkat menuju Desa Empaci Kecamatan Dedai tepatnya di Masjid Al- Huda .

Sekitar 1 Jam perjalanan rombongan sampai di lokasi yang dituju dan disambut oleh pengurus Masjid dan Warga Masyarakat Desa Tersebut. Sambil Menunggu Azan Maghrib , Pengurus Masjid Menyiapkan Hidangan Untuk Berbuka Puasa dan sambil mengobrol dengan penuh akrabnya dengan rombongan safari Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang.

Tak lama kemudian adzan Maghrib pun berkumandang, rombongan bersama pengurus masjid dan warga menikmati kue- kue dan minuman yang telah disiapkan oleh panitia, setelah berbuka rombongan melaksanakan shalat Maghrib dan dilanjutkan dengan makan malam bersama. Setelah makan malam rombongan bersama jemaah lainnya melaksanakan shalat Isya kemudian dilanjutkan dengan shalat tarawih dan witir.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag  menyampaikan bahwa Safari Ramadhan ini merupakan ajang silaturahim antara Kantor Kementerian Agama  dengan Masyarakat kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan tali Silaturahmi dan memperkuat ikatan rasa persaudaraan kita sebagai umat beragama dalam suasana kebersamaan dan kasih sayang.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan tausiyah singkat yang disampaikan oleh Drs. H. Ulwan, yang juga selaku Ketua MUI Ka bupaten Sintang Berkaitan dengan bulan suci Ramadhan, beliau mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum bulan Ramadhan ini sebagai wahana pengendalian diri dan peningkatan kesadaran spiritual tentang makna kehadiran kita setiap diri kita dimuka bumi ini.Jadikan momentum Ramadhan ini sebagai pengendalian diri kita ungkapnya.kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan  berupa Uang Tunai sebesar Rp. 7.000.000,- , sajadah dan bantuan lainnya yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang ( Akil,  Sintang )

Berita: